Bandarlampung(Pikiran Lampung)- World Indonesia Scholarship (WISH) Festival 2019 bersama LOKALATE merupakan platform acara tahunan yang dirumuskan dari kolaborasi & kontribusi inisiatif beasiswa dari Indonesian Scholarship Network (ISN), Mata Garuda LPDP, Sahabat Beasiswa, dan berbagai lembaga yang bergerak di bidang pendidikan khususnya beasiswa. WISH Festival 2019 Bersama LOKALATE bertujuan sebagai platform kolaborasi bagi berbagai pemangku kepentingan di dalam dan di luar Indonesia yang berkeinginan untuk meningkatkan literasi dan peluang beasiswa secara merata dan berkelanjutan untuk seluruh masyarakat di Indonesia.

Pada tahun ini, WISH 2019 bersama LOKALATE berupaya untuk memperluas jangkauannya melalui penyelenggaraan di 21 kota dan provinsi di Indonesia. WISH memiliki harapan agar sosialisasi informasi – informasi beasiswa yang ada di dunia dapat menjangkau masyarakat di Indonesia, baik lembaga pemerintah seperti kementerian, kedutaan besar, perusahaan swasta, yayasan serta NGO, yang memberikan kesempatan untuk para pemuda di Indonesia berpeluang untuk mendapatkan beasiswa.

Harapannya, kegiatan ini menjadi salah satu langkah yang tepat guna dalam mewujudkan cita besar Indonesia yaitu untuk mempersiapkan "Generasi Emas Indonesia di Tahun 2045". Hal tersebut sejalan dengan salah satu kunci keberhasilan dari pengembangan sumber daya manusia pada negara maju dengan memberikan beasiswa secara merata dan berkelanjutan untuk setiap lapisan di masyarakat.

Kota Bandar Lampung menjadi salah satu kota diselenggarakannya WISH Festival 2019 dengan target 5.000 peserta, berlangsung di Unila pada 13 Juli 2019. Berbagai tokoh pendidikan di provinsi Lampung akan hadir untuk memberikan sambutan dan menjadi narasumber. Tokoh pendidikan tersebut antara lain Gubernur Lampung, Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Lampung, Rektor Universitas Lampung dan alumni penerima beasiswa dari berbagai lembaga yang telah berkiprah di provinsi Lampung. Selain itu Mardi Wu selaku CEO Nutrifood, Imre Nagi sebagai Google Developer Expert juga akan berbagai inspirasi kepada para peserta WISH Festival Lampung 2019. Rangkaian acara terdiri dari : Scholarship Forum, Scholarship Workshop and Seminar, Scholarship Supermentor, Scholarship and Education Expo and Inspiring Talk. Pada kesempatan ini peserta juga mendapatkan kesempatan untuk mengikuti simulasi TOEFL gratis.

Peserta WISH Festival Lampung tidak dipungut biaya pendaftaran. Acara ini dibuka untuk umum dengan sasaran peserta pelajar, mahasiswa, alumni, PNS, karyawan, guru dan dosen, dan masyarakat lainnya yang ingin mengetahui informasi seputar beasiswa. Sunarmo selaku ketua panitia WISH Festival Lampung 2019, yang juga merupakan alumni penerima beasiswa lpdp asal Natar Lampung Selatan mengatakan, “WISH memberikan akses informasi mengenai beasiswa baik di dalam maupun luar negeri serta proses bimbingan untuk mendapatkannya.” Ia berharap acara ini dapat membuat masyarakat Lampung, khususnya generasi muda termotivasi dan lebih bersemangat melanjutkan pendidikan setinggi – tingginya dengan beasiswa, karena beasiswa adalah hak kita semua.

Kegiatan WISH 2019 didukung oleh W’dank LOKALATE, yang merupakan minuman kopi  Indonesia yang unik, cocok untuk menemani aktivitas sehari-hari dan bikin #NgopiLebihBerwarna. LOKALATE kini hadir dengan dua varian rasa, yaitu Kopi Durian dan Kopi Gula Aren.

Jesaya Christian, Brand Manager LOKALATE menyatakan, “Hadirnya WISH 2019 bersama LOKALATE ini sejalan dengan misi LOKALATE untuk mendukung anak muda Indonesia agar berani beri warna di berbagai bidang dan komunitas. LOKALATE percaya bahwa pendidikan, termasuk akses informasi terhadap beasiswa merupakan kunci penting untuk pengembangan kompetensi anak muda Indonesia, sehingga memungkinkan mereka terus berkarya dan beri warna bagi Indonesia di bidangnya masing-masing.”

Panitia WISH 2019 optimis dapat memecahkan rekor MURI sebagai kegiatan dengan peserta sosialisasi terbanyak secara serial. Dengan semangat seluruh teman-teman panitia pusat, dan panitia di 21 daerah, serta dukungan dari Nutrifood, WISH 2019 bersama LOKALATE dapat dikatakan sebagai pelopor dari kegiatan beasiswa terbesar yang ada di Indonesia, serta dapat dikatakan sebagai penghubung antara para pemburu beasiswa, awardee, alumni, komunitas atau organisasi serta pihak penyedia beasiswa dan pemerintah.


Pendaftaran WISH Festival Lampung 2019 dapat diakses melalui www.festivalbeasiswa.id/lampung
Penjelasan lebih lengkap mengenai WISH Festival 2019 dapat diunduh melalui bit.ly/WISH2019PR.

Dalam gelaran ini ACT Lampung diberi kesempatan untuk mengedukasi peserta mengenai peduli pendidikan anak jalanan dan anak pesisir.

Rencananya ACT Lampung akan menempatkan relawan dan open booth sehingga peserta berkesempatan mendapatkan informasi mengenai philanthrophy dan charity untuk mereka.(wan)

Post A Comment: