Bandarlampung (Pikiran L.ampung
)- Majelis Pekerja Seluruh Indonesia (MPBI) dan mahasiswa dalam elemen buruh melaksanakan aksi demonstrasi di Lapangan Korpri, Kantor Gubernur Lampung, Sabtu (14/5).

Aksi unjuk rasa itu langsung diterima oleh pihak pemerintah setempat untuk melaksanakan audiensi. Koordinator aksi Sulaiman Ibrahim mengatakan dilaksanakannya aksi unjuk rasa ini salah satu bentuk peringatan 'May Day'.

Tujuan aksi ini yakni menyampaikan sebanyak 17 tuntutan kepada pemerintah.  "Jadi, aksi ini dilakukan secara serentak diseluruh Indonesia dalam memperingati hari buruh yang jatuh pada 1 Mei. Namun, karena saat itu masih bulan puasa, kami sepakat menggelar pada 14 Mei 2022," katanya.


Sementara, Asisten 1 Bidang Pemerintahan dan Kesra Pemerintah Provinsi Lampung Qodratul Ikhwan mengatakan pihaknya akan menyampaikan segala bentuk aspirasi kepada gubernur dan pemerintah pusat. 

"Akan kami sampaikan segala bentuk aspirasi ini ke pak gubernur, karena hari ini sampai Senin libur, mungkin Selasa akan disampaikan, dan nantinya akan dibuatkan laporan untuk dikirimkan ke pemerintah pusat," katanya. 

Berikut 17 tuntutan yang dibawakan oleh gabungan para buruh

1. Tolak Omnibus law UU Cipta Kerja;

2. Turunkan harga bahan pokok (minyak goreng, daging, tepung, telur, dll), BBM, dan gas;

3. Sahkan RUU PPRT, tolak revisi UU PPP, tolak revisi UU SP/SB;

4. Tolak upah murah;

5. Cabut Keputusan Gubenur tentang penepatan UMP/UMK di Provinsi Lampung tahun 2022

6. Hapus outsourcing;

7. Tolak kenaikan pajak PPn;

8. Sahkan RPP Perlindungan ABK dan Buruh Migran;

9. Tolak pengurangan peserta PBI Jaminan Kesehatan;

10. Wujudkan kedaulatan pangan dan reforma agraria;

11. Stop kriminalisasi petani;

12. Biaya Pendidikan murah dan wajib belajar 15 tahun gratis;

13. Angkat Guru dan tenaga honorer menjadi PNS;

14. Pemberdayaan sektor informal.

15. Ratifikasi Konvensi ILO No 190 tentang Penghapusan Kekerasan dan Pelecehan di Dunia Kerja.

16. Laksanakan Pemilu tepat waktu 14 Februari 2024 secara jurdil dan tanpa politik uang;

17. Redistribusi kekayaan yang adil dengan menambah program jaminan sosial, dan tidak boleh ada orang yang kelaparan di negeri yang kaya.

Dalam peringatan May Day, Korlap aksi dari Federasi Hukatan KSBSI sekaligus sebagai Sekretaris Partai Buruh Provinsi Lampung Yusril Tanjung menyampaikan terimakasih buat aparat keamanan yang telah bekerjasama pada perayaan May Day tanggal 14 Mei 2022, dan tidak lupa kami ucapkan kepada Polda Lampung beserta jajarannya yang sudah mengawal dan mengamankan jalannya peringatan May Day di Provinsi Lampung.(bbl) 

Post A Comment: