Bandarlampung (Pikiran Lampung
)- Babak baru di lingkungan kampus Insttut Teknologi Sumatera, Lampung telah dimulai. Dimana, kampus tersebut resmi akan dipimpin oleh rektor baru untuk masa lima tahun ke depan. 

Dimana, Rektor Institut Teknologi Sumatera (Itera) resmi dipimpin oleh Prof. Dr. I Nyoman Pugeg Aryantha. Di awal tugasnya, dia  mengatakan selama masa kepemimpinannya pada periode 2022-2026 akan memprioritaskan peningkatan akreditasi prodi dan institusi.

"Saya mengusung visi, Itera menuju kampus mandiri kuat bermaslahat dan bermartabat, dengan beberapa hal prioritas yang akan dilakukan, mulai dari peningkatan akreditasi prodi dan institusi," kata Rektor Itera Periode 2022-2026 itu saat acara serah terima jabatan dengan pejabat lama di aula kampus setempat, Rabu (6/7/20220.

Rektor menyebutkan, peningkatan kualitas staf dosen dan non dosen, peningkatan nilai rewarding baik intangible maupun tangible, hingga perbaikan dan penambahan fasilitas sarpras akademik. 

Selain itu, Rektor I Nyoman juga menyebut Itera akan mulai merintis kemandirian pendanaan jangka panjang melalui hilirisasi inovasi baik dalam bentuk teaching factory, teaching clinic, dan teaching consulting.


Kemudian juga, merintis kemandirian sumber daya manusia (SDM) melalui skema NIDK, termasuk program profesor emeritus membangun bangsa, serta turut mensukseskan program Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) melalui program pendidikan dinamis dan kreatif.


"Hingga penguatan program SDG terkait isu global dengan contoh etalase kampus cerdas, modern, ramah insan, dan lingkungan. Untuk bisa memaksimalkan capaian tersebut saya pun  memohon doa, dukungan, dan bantuan serta kerjasama semua pihak," kata dia.

Pada seratus hari kerja, rektor akan berusaha  melakukan evaluasi terhadap kebijakan yang ada. "Terutama mengadakan komunikasi sedini mungkin melakukan evaluasi terhadap seluruh kebijakan yang ada.
Adapun kebijakan itu positif akan teruskan. 
Sehingga apabila ada kurang akan kami benahkan secepat mungkin,"kata I Wayan 

Untuk selanjutnya, kata dia, langkah awal pihaknya akan menyusun program program jangka panjang dan pendek.
Salah satunya yaitu di bidang keorganisasian, "Syukur Alhamdullilah dari pihak kementrian memberikan sinyal yang positif," ujar I Nyoman.


Rektotr berniat untuk membentuk dan merintis yang namanya Badan wakaf pendidikan (BWP) melalui kampus.
"Karena di sini sangat berguna bagi kemaslahatan yang bisa dimanfaatkan bagi masyarakat. Agar supaya umat negara kita menjadi kuat dan modern, bisa megah, maka kita harus mengunakan alat yang modern. Mohon dukungan untuk niat baik ini. Yang namanya harapan amal, pahala jariah.karena badan wakaf  pendidikan ini merupakan salah satu niat program saya ke depannya,"urai rektor.


Sementara itu Kepala Biro Organisasi dan Tata Laksana Sekretariat Jenderal, Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi RI, Dr. Ir. Mustangimah, M.Si., mengapresiasi atas berjalannya suksesi pergantian kepemimpinan Itera yang dinilai sangat kondusif.

"Hal ini sesuatu yang  perlu dibudayakan, dan ditradisikan di Itera," kata dia.

Ia mengatakan menjadi rektor adalah sebagai akademik leader, yakni menjalankan tri dharma pendidikan tinggi. Namun, rektor juga sebagai corporate leader, menjadi etintas usaha yang memberikan pelayanan pendidikan tinggi yang sebaik-baiknya dengan melibatkan sivitas akademika. 

Lanjut dia, rektor juga perlu terus meningkatkan kinerja dengan mengacu kepada indikator utama kampus, dan melaksanakan tata kelola perguruan tinggi yang baik, serta menjadi pemimpin yang melayani.

“Salah satu kabar baik, Itera juga mendapatkan pengecualian dalam moratorium pembentukan fakultas, dan berkesempatan untuk mengembangkan fakultas, dan telah disetujui usul pembentukan fakultas,” ujarnya.

Sementara Rektor Itera Periode 2021 – 2022 Prof. Dr. Ing. Drs. Ir. Mitra Djamal, IPU., menyampaikan terima kasih dan apresiasi kepada seluruh pihak yang mendukung Itera untuk dapat berkembang dengan cepat menjadi salah satu institut teknologi terbaik di Sumatera, dan nasional.

“Terima kasih telah bersama-sama bekerja keras, dalam menjalankan program-program kemajuan untuk mendukung visi dan misi Itera menjadi perguruan tinggi yang unggul, bermartabat, mandiri, dan diakui dunia, serta memandu perubahan yang mampu meningkatkan kesejahteraan bangsa Indonesia dan dunia dengan memberdayakan potensi yang ada di wilayah Sumatera dan sekitarnya," kata dia. (ant/Napi)


Post A Comment: