Lamsel (Pikiran Lampung) -  Ketua PWI Lampung H. Wira Hadikusuma, SP melantik pengurus baru PWI Lamsel periode 2023-2026, di aula Rumdin Bupati Lamsel, Kamis (9/3/2023). Tampak hadir dan mendampingi Sekretaris PWI Lampung, Andi S. Panjaitan. 

Usai melantik, Wira dalam sambutannya berpesan pengurus PWI Lamsel harus dapat menjaga solidaritas dan soliditas untuk menjadikan PWI kedepan semakin baik. "Kerjasama dan sinergisitas harus terus dibagun bersama. Begitu pula, pers dalam menyampaikan informasi untuk masyarakat harus bertanggungjawab. Ini, sesuai dengan yang disampaikan presiden Jokowi, bahwa saat ini pers sudah sangat bebas dalam menyampaikan informasi ke publik. Namun, kebebasan pers itu harus disertai dengan tanggung jawab. Artinya, informasi masyarakat harus disampaikan dengan benar, profesional, dan sesuai kode etik jurnalis" ucapnya. 


Dijelaskannya, pekerjaan wartawan tidak mengukur tebalnya jalan atau mengukur panjangnya jalan. "Apalagi, seorang wartawan bertindak sebagai penentu salah tidaknya suatu proyek pembangunan dengan menyebutkan dalam karya jurnalistiknya bahwa  Proyek A atau proyek B tidak sesuai bestek. Emangnya, kita ini siapa, menguasai tehnik juga tidak, kok bisa2nya menyebut Proyek tidak sesuai bestek," tambah Wira, seraya mengatakan hal hal seperti itulah yang dimaksud pers itu harus bertanggung jawab seduai dengan fungsi, peranan, dan kode etik jurnalis.  

Lebih lannut, Ketua PWI Lampung mengingatkan bahwa pers merupakan pilar ke empat dalam tatanan NKRI ini, setelah Eksekutif, Legislatif, dan Yudikatif. "Sebagai adik yang paling bungsu, sudah tentu haruslah mendapatkan kasih sayang dari kakak kakanya. Sebagai adik bungsu tentu banyak lah permintaan yang harus di dukung oleh kakak2nya. Dan, saya rasakan program sosialisasi UU Pers dan Terlaksananya Uji Kopetensi Wartawan yang sudah diutarakan Ketua PWI Lamsel tidak lah sulit untuk dapat dukungan penuh dari kakak2nya. Dalam hal ini, Bupati Lamsel, Pak Kapolres, dan Ibu Kajari yang hadir saat ini," jelas Wira. 

Kesempatan itu, Ketua PWI Lampung H. Wira Hadi Kusuma secara khusus menyampaikan keinginan dari pengurus PWI Lamsel tentang renovasi gedung kantor PWI kepada Bupati Lamsel . "Memang sudah sagat laya direnovasi, pak bupati. Bisa direnovasi melebar dan bisa juga keatas," ucap Wira diiringi tepuk tangan seluruh pengurus dan anggota PWI Lamsel. 

Sedangkan Ketua PWI Lamsel, Supradiyanto dalam sambutannya menyampaikan terima kasih yang sebesar2nya kepada Bupati Lamsel. "Semua rangkaian kegiatan PWI Lamsel dari mulai Konferkab, lalu ramah tamah, pertandingan bola persahabatan hingga pelantikan dapat terlaksana dan berjalan dengan baik, berkat dukungan penuh Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto. Semuanya, berkat dukungan penuh Pak Nanang sehingga saat ini kegiatan pelabtikan pengurus PWI berjalan lancar, sesuai harapan kita bersana," tabdas Supradiyanto.  

Menurut Supra, kecintaan Bupati Lamsel H. Nanang Ermanto terhadap PWI Lamsel sabgat lah jelas. "Adanya dukungan penuh dan memfasilitasi disetiap rangkaian kegiatan pelantikan menjadi salah satu bukti bahwa Bupati Lamsel sangat peduli dengan perkembangan dan kemajuan PWI Lamsel dimasa mendatang," ujar Supra, diakhir sambutannya. (mat)

Post A Comment: