Uzbekistan (Pikiran Lampung) - Bermain rapi, cantik dan penuh perjuangan, pasukan garuda muda mampu menumbangkan tim kuat dari Asia Barat

Ya, akhirnya Timnas Indonesia muda meraih kemenangan di Piala Asia U-20 2023. Tiga poin perdana didapat Garuda Nusantara setelah menggilas Timnas Suriah U-20.

Bertanding di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023) malam WIB, tim besutan Shin Tae-yong itu menang dengan skor tipis 1-0. Gol dalam laga ini dicetak oleh Hokky Caraka pada menit ke-35.

Hasil ini menempatkan Indonesia ke peringkat tiga klasemen sementara Grup A dengan tiga angka. Ronaldo Kwateh dkk. ada di bawah Uzbekistan dan Irak yang juga mengemas tiga poin.

Sedangkan Suriah tercecer di dasar klasemen dengan nol poin. Hingga berita ini ditulis laga Uzbekistan versus Irak masih berlangsung di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan.

Kemenangan Timnas Indonesia U-20 kontra Timnas Suriah U-20 menyisakan sejumlah fakta menarik. Berikut ini Bola.com menyajikan ulasannya.

Gol Perdana Timnas Indonesia U-20

Timnas Indonesia U-20 tampil jauh lebih baik ketimbang laga perdana lalu. Garuda Nusantara memberikan perlawanan sangat baik dalam duel kali ini. Pada laga ini pun, Indonesia berhasil mencetak gol perdana pada turnamen.

Ya, gol itu lahir lewat kaki penyerang PSS Sleman, Hokky Caraka Bintang Briliant pada babak pertama. Lewat skema counter attack, Hokky melakukan aksi keren selepas menerima umpan dari Hugo Samir.

Pemain berusia 18 tahun itu menusuk ke jantung pertahanan lawan. Kemudian melepas tendangan melengkung yang gagal dihalau kiper Suriah. 

Para pemain Timnas Indonesia U-20 merayakan gol ke gawang Suriah U-20 yang dicetak Hokky Caraka pada laga matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). (AFC/Pranit Katwal)

Mengutip dari laman lapangbola, Timnas Indonesia U-20 tampil dominan dengan penguasaan bola mencapai 59 persen. Berbanding 41 persen milik Suriah.

Sayangnya, Garuda Nusantara kurang mampu memaksimalkan peluang yang didapat. Total dari 10 tembakan, cuma empat saja yang tepat sasaran.

Sementara Suriah tercatat melepaskan delapan tembakan saat melawan Timnas U-20. Dari jumlah tersebut, tiga di antaranya mengarah ke gawang.

Timnas Indonesia U-20 yang menguasai pertandingan memang unggul total passing (512), namun cuma 404 saja yang akurat. Adapun Suriah mencatat 391 operan dengan total 279 passing di antaranya tepat sasaran.

Pemain Timnas Indonesia U-20 Arkhan Fikri berebut bola dengan pemain Suriah U-20 Amer Alfayad pada laga matchday kedua Grup A Piala Asia U-20 2023 di Lokomotiv Stadium, Tashkent, Uzbekistan, Sabtu (4/3/2023). Duel-duel antarpemain Suriah dan Indonesia berlangsung sengit hingga wasit beberapa kali memberi peringatan. (FOTO: Dok. PSSI)

Laga ini menjadi pertemuan kedua Indonesia dan Suriah di Piala Asia U-20. Kali pertama keduanya bertemu pada 1994.

Kala itu, Indonesia dibekuk Suriah dengan skor telak 0-4. Kini setelah lebih dari 28 tahun, Garuda Nusantara akhirnya bisa membalas kekalahan menyakitkan tersebut.

Kemenangan atas Suriah setidaknya melegakan bagi Indonesia. Tiga poin perdana membuka asa skuad Shin Tae-yong lolos ke perempatfinal Piala Asia U-20 2023.(bola.com/red) 

Post A Comment: