Way Kanan (Pikiran Lampung)- Hak atlet dan pelatih Kabupaten Way Kanan yang meraih prestasi pada ajang di tingkat Provinsi Lampung masih 'Abu -abu' alias belum realisasi nyata. Pihak Pemkab setempat melalui satker terkait hanya bisa berikan janji akan dianggarkan pada APBD perubahan, benarkah? 

 Padahal, atlet dan pelatih yang meraih prestasi ini sejak tahun kemarin menantikan haknya tersebut. 

Dari informasi yang ada, setelah banyak atlit dan pelatih menanyakan kejelasan bonus dari Pemkab Way Kanan bagi peraih medali di Proprov ke 9 tahun 2022 , Ketua Komisi IV dan KONI Way Kanan memastikan akan anggarkan i APBD Perubahan tahun 2023 antara bulan Agustus atau Oktober. 

Hal ini diungkapkan oleh ketua Komisi IV DPRD Kabupaten Way Kanan Sairul.Sidiq .SH .memberikan keterangan setelah hearing dengan Disporapar, Rabu (26/4/2023). 

" Dalam Hearing ini Dispora Para akan menasukan bonus atlit dan pelatih di APBD Perubahan , dan Kami siap mengawalnya ." tegasnya .

" Kami merespon cepat atas apa yg menjadi keluhan pada atlit dan pelatih Kabupaten Way Kanan yang t meraih medali di Porprov ke 9 tahun2022 Bandar Lampung , tapi belum menerima bonus yang dijanjikan kami merepon untuk ikut menasukan anggaran di APBD Perubah." Ujar Ketua Komis IV DPRD Way Kanan.

" Kita dukung karena mereka ini telah berjuang dan berhasil meraih medali membawa nama baik daerah melalui olah raga di kejuaraan tingkat Provinsi Lampung." Tambahnya .

" Karena akan diusulkan di Perubahan kami minta agar Atlit dan pelatih bersabar harus menunggu enam sampai tujuh bulan lagi , ini berkaitan dengan perjuangan dan keringat atlit dan pelatih ," tutup Sairul. 

Sementara di WAG Sekretaris KONI menjelaskan bahwa dana Bonus buat Atlit dan Pelatih masuk di APBDP .

" Tinggl kawan-kawan pengurus Cabor dan Atlit diminta bersabar karena ini terkait anggran Pemerintah." Imbuhnya . 

 " Sejak pulang dari Porprov kami dari KONI langsung bergerak koq, sdh 2 kali Kami Audiensi dengan Pak Bupati ." Pungkas Randy.

Lama antara 6 -7 bulan lagi bonus untuk Atlit dan Pelatih Kabupaten Way Kanan yang meraih medali di Porprov ke 9 tahun 2022 akan cair, agak terganggu juga untuk pembinaan para Atlit dan Pelatih saat ini, karena memasuki bulan Mei 2023 setiap Cabor oleh Pengutus Provinsi segera menpersiapkan atlitnya untuk seleksi ikut seleksi Pra PON.

Dengan belum cairnya bonus ini secara tidak langsung dapat melemahkan semangat dan mental Atlit yang akan ikut seleksi Pra PON  selain itu pembinaan atlit berkurang . Diharapakan Pemkab dan KONI Kabupaten Way Kanan dapat mencarikan dana talangan agar semangat Atlit dan pelatih tetap bergelora untuk membawa nama baik Bumi Ramik Ragom Way Kanan di Kancah Nasional bidang Olah Raga.(**)

Post A Comment: