Bandarlampung (Pikiran Lampung
) - Acara perpisahan di sekolah pada saat akhir tahun ajaran, diduga masih jadi ajang pungli bagi pihak sekolah. 

Hal. ini disinyalir juga terjadi di MIN 1 Bandarlampung, Dimana, pihak sekolah dinilai mengambil dana perpisahan dari wali murid dalam jumlah tak wajar. 

- Wali murid Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bandarlampung mengeluh terhadap adanya dugaan pungutan liar (pungli) yang di lakukan pihak sekolah kepada para orang tua murid kelas enam dengan dalih acara perpisahan. Selasa (16/5/2023).

Menurut salah seorang wali murid yang enggan disebutkan namanya, dana perpisahan yang diminta sejumlah Rp 500 ribu per siswa itu dinilai cukup besar sementara seusai MIN anaknya akan perlu biaya lagi untuk melanjutkan ke jenjang pendidikan selanjutnya.

"Setelah lulus kan kami (orang tua) bakal keluar uang lagi untuk masuk MTS atau SMP, itulah alasan saya keberatan selain alasan lain yang sudah saya ceritakan," ungkapnya.

Lanjutnya, pungutan tersebut tidak disampaikan dengan surat resmi hanya melalui Whatsapp grup (WaG), dimana setiap orang tua dimintai uang Rp 500 ribu untuk biaya perpisahan anaknya.

"Permintaan uang perpisahan itu cuma disampaikan lewat WaG tidak ada surat resmi dari sekolah. Ini kan aneh, ada dugaan Pungli ini," katanya.

Sementara itu Kepala Seksi (Kasi) Pendidikan Madrasah Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Kota Bandarlampung Said Karimin menjelaskan, pihaknya akan menemui Kepala Madrasah (Kamad) untuk mendapatkan informasi terkait uang perpisahan tersebut.

"Kami akan melakukan konfirmasi ke Kamad jadi untuk saat ini kami belum dapat menentukan sikap apakah uang perpisahan itu juga sudah disepakati oleh komite sekolah," katanya di kantor Kemenag, Selasa 16 Mei 2023.

Ketika ditanyakan, apakah pihaknya memiliki kebijakan terhadap pungutan-pungutan seperti uang perpisahan atau perpisahan guru pensiun. Said mengatakan, tidak membuat kebijakan soal tersebut.

"Kita tidak mengeluarkan kebijakan jika ada perpisahan sekolah atau guru pensiun," katanya. (red) 

Adapun daftar kegiatan perpisahan kelas 6 MIN 1 Bandarlampung, antara lain sebagai berikut;

1. Rihlah ke Laut (transport PP, makan siang)

2. Kaos plus sablon nama² siswa

3. Milad dan Pelepasan di gedung (Biaya sewa gedung, toga, makan siang (3 kotak nasi & 3 kotak snack) siswa + orang tua wali murid)

4. Selendang tapis (nama siswa)

5. Dokumentasi

6. Photo ijazah

7. Cinderamata / kenang-kenangan untuk sekolah. (*)

Post A Comment: