Lampung Timur ( Pikiran Lampung ) - 
Forkopimcam Kecamatan Sekampung Udik Kabuten Lampung Timur, kampanyekan Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) di Lapangan Desa Gunung pasir Jaya Jum'at (24/11/2023).

Germas yang di selenggarakan tim kesehatan Kecamatan Sekampung Udik tersebut, memberikan sosialisasi dan mengkampanyekan terwujudnya program Indonesia Sehat di mulai diri sendiri dan pendekatan keluarga.

Kegiatan tersebut menindaklanjuti Inpres No 1 tahun 2017 dan Perbub Lampung Timur No 48 tahun 2018 tentang pedoman pelaksanaan Germas.

Acara di hadiri Ketua TP PKK Lampung Timur Yusbariah Dawam Rahardjo didampingi ketua Dharma Wanita Sugiati M Yusuf, Kadis Kesehatan dr Satya Nugraha, Camat Sekampung Udik Dwi Giarti beserta Forkopimcam setempat.

Langkah gerakan masyarakat hidup sehat harus dimulai dari diri sendiri, dengan membudayakan 7 langkah yakni; melakukan aktifitas fisik, makan sayur dan buah, tidak merokok, tak mengkonsumsi minuman alkohol, cek kesehatan berkala, jaga kebersihan lingkungan dan gunakan jamban sehat” jelas Yusbariah.

Sementara program pencegahan dan penurunan angka stunting juga tetap menjadi program Pemerintahan Daerah Lampung Timur yang harus di selesaikan pada tahun 2023 ini.

“Khusus ibu hamil wajib menjaga dan memeriksakan kehamilannya di tempat kesehatan terdekat. Ayo kita dukung gerakan cegah stunting dalam seribu hari pertama kehidupan” tandasnya.

Usai membuka Germas, Yusbariah Dawam Rahardjo memberikan bantuan tambahan makanan untuk para ibu hamil.

Lalu memberikan praktik langkah pembuatan Eco Enzyme agar bisa dimanfaatkan untuk para ibu-ibu rumah tangga.

Ditempat yang sama, Kadiskes dr Satya Purnama Nugraha menyampaikan bahwa program pelayanan kesehatan bagi warga kurang mampu untuk ibu hamil tetap menjadi prioritas dengan melalui jaminan kesehatan sosial melalui Kartu Indonesia Sehat (KIS).

Khusus ibu hamil wajib punya jaminan kesehatan. Selain itu pelayanan transportasi untuk rujukan ke layanan lanjutan silahkan hubungi ambulance di Puskesmas setempat secara gratis” ungkap Satya.

Memeriahkan acara Germas di Kecamatan Sekampung Udik pada tahun 2023 ini, panitia penyelenggara menyediakan dorprize hadian bagi yang beruntung, seperti Sepeda gunung, Kulkas, Kipas angin dan hadiah lainnya.

Di acara Germas juga di warnai perlombaan Senam Lampung Timur Berjaya, lomba kreasi buah, lomba aksi bergizi dan pola hidup sehat bagi siswa sekolah Paud dan TK” kata Camat Sekapung Udik Dwi Giarti, pelaksana kegiatan.

Bazar UMKM yang berasal dari pelaku usaha warga di Kecamatan Sekampung Udik juga menjadi ciri khas kegiatan Germas tersebut.

Tak ketinggalan pula pelayanan pemeriksaan kesehatan gratis dari tim Posbindu TPM bagi masyarakat setempat dengan hanya membawa foto copy KTP sebagai syaratnya.

Selain itu juga Donor Darah dari PMI Lampung Timur dan pelayanan kependudukan dari Disdukcapil setempat menjadi pelengkap kegiatan Germas di Kecamatan Sekampung Udik  di tahun 2023 ini. (Supriyadi)

Post A Comment: