Pesisir Barat (Pikiran Lampung) -
Pantai Labuhan Jukung sebagai salah satu obyek wisata andalan di Kabupaten Pesisir Barat menjadi magnet tujuan wisatawan domestik hingga luar negeri. Seolah tidak ada habisnya, setiap tahun pengunjung selalu berdatangan. Hal ini tentu berimbas pada pertumbuhan di sektor pariwisata di kabupaten termuda di Provinsi Lampung ini.

Tetapi pertumbuhan kunjungan wisatawan itu belum diimbangi dengan perawatan fasilitas yang memadai di Pantai Labuhan Jukung. Dari pengamatan langsung  pada Selasa (27/12/2023) terlihat beberapa fasilitas dalam kondisi rusak.

Yang paling tampak adalah terdapat gazebo-gazebo kayu yang harusnya bisa digunakan wisatawan bersantai, kini terlihat tidak terawat dan beberapa bahkan dalam kondisi rusak.

Selain itu plaza , tempat bermain anak dengan fasilitas mobil-mobilan yang biasa dikendarai anak-anak, dari sisi depan dan samping tidak dibatasi oleh pagar pengaman. Kondisi ini terjadi karena pagar pembatas sudah banyak yang roboh.

Keadaan demikian dikhawatirkan diduga berbahaya dan bisa menimbulkan terjadinya hal yang tidak diinginkan.

"Harusnya pihak pengelola Pantai Labuhan Jukung segera memperbaiki pagar  plaza pembatasnya ya. Kalau gini kondisinya, takutnya pas anak anak main mobil-mobilan bisa nyelonong dan bisa jatuh kelaut," keluh Eca salah seorang pengunjung dari Lampung Barat.

Keluhan serupa disampaikan oleh Imam (43) Imam salah satu pengunjung lokal dari Kecamatan Ngambur, Kabupaten Pesibar. 

"Sayang gazebonya pada rusak. Kok bisa ya? Padahalkan seharusnya ada dana pemeliharaan. Masa iya gazebo gazebonya sampai rusak dan hilang atap gitu," kata Imam.

Imam berharap, kondisi itu segera diatasi. Menurutnya Pemkab Pesibar seharusnya malu karena di musim liburan seperti jelang Nataru ini banyak wisatawan dari luar Pesibar.

"Ini bisa menjadi cerita mereka ketika pulang ke kampung mereka, Bahwa destinasi wisata kita (Pesisir Barat) kurang terawat," ujar Imam. 

Imam sebagai warga Pesibar Barat juga meminta kepada dinas terkait agar lebih memperhatikan fasilitas yang ada di Pantai Labuhan Jukung dan tempat wisata lain yang ada di Kabupaten Pesibar. (Eryani)

Post A Comment: