Pesisir Barat (Pikiran Lampung) -
Pj Sekretaris Kabupaten (Sekda) Pesisir Barat Jon Edwar melihat secara langsung rumah warga yang terkena dampak kontak dengan satwa gajah di Dusun Way Andop, Pekon Marang, Kecamatan Pesisir Selatan, Kabupaten Pesibar pada Minggu (24/12/2023).

Pj Sekda Pesisir Barat didampingi Kadis Sosial Agus Triyadi, Kepala BPBD Mirza Sahri, Kasatpol PP Cahyadi Moeis, petugas TNBBS, dan Peratin Pekon Marang.

Jon Edwar berkeliling berjalan kaki melihat akibat amukan gajah yang merusak di area perkebunan dan rumah warga. Namun ada tiga titik lagi yang tidak bisa dijangkau di karena jarak yang cukup jauh. 

Saya Pj Sekda Pesisir Barat berharap kepada petugas pantau dari TNBBS agar tetap melakukan koordinasi dengan Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat  dan masyarakat agar ketika gajah kembali ke pemukiman penduduk bisa lebih dulu dihalau ataupun di giring kembali agar rombongan gajah bisa kembali ke dalam hutan,” ungkap Jon Edwar.

Jon Edwar juga menyampaikan atas nama Pemerintah Kabupaten Pesisir Barat ikut prihatin atas terjadi musibah amukan gajah tersebut.

Ini bukan unsur kesengajaan dan kita bersama-sama mencari solusi terbaik kedepan agar hewan liar ini tidak lagi mengganggu masyarakat. Apalagi sampai merusak perkebunan dan rumah warga,” kata Jon Edwar.

Jon Edwar juga manyampaikan kedepannya Pemkab Pesibat akan menganggarkan untuk membuat posko pantau di beberapa titik dan nanti akan ada satgas yang bertugas menjaga.

“Tugas kita melibatkan masyarakat sekitar untuk membantu petugas posko pantau,” ujar Jon Edwar.

Untuk di ketahui beberapa pekan ini sekawanan gajah masuk ke pemukiman penduduk dan merusak tanaman milik warga SP 2 dan SP 3 Pekon Marang.

“Malam tadi sekawanan gajah masuk pemukiman penduduk Dusun Way Andop, Pekon Marang serta setidaknya merusak 11 rumah dan perkebunan sawit penduduk,” terang Jon Edwar. (Eryani)

Post A Comment: