Plt Kadis BMBK Provinsi Lampung  M. Taufiqullah (kiri) saat menjelaskan titik. jalan tanah yang akan diperbaiki pada 2024 mendatang. foto Ahmad Zainiri An/Pikiran Lampung

Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Saat ini jalan ranah di provinsi Lampung masih ada sekitar 100,30 KM. Jalan ini tersebar di tiga Kabupaten, yakni Lampung Barat, Tanggamus dan Way Kanan. 

Dan pada tahun 2024 mendatang jalan ini akan dibangun oleh Dinas BMBK Provinsi Lampung. 

Menurut PLT Kadis BMBK Provinsi Lampung, M Taufiqullah, perbaikan jalan akan  dilakukan di daerah-daerah yang belum tersentuh sama sekali. 

“Ke depan kita bangun jalan daerah yang selama ini belum tersentuh sama sekali. Sehingga nggak ada jalan tanah lagi,”jelasnya kepada Pikiran Lampung, Kamis (28/12/2023). 

Dijelaskan pria ramah yang akrab disapa Minak (kakak dalam bahasa Lampung) ini, jalan tersebut tersebar di tiga kabupaten. Yakni, meliputi ruas antara Sanggi - Bengkunat Lambar,  Rebang Tangkas -banjit, Way Kanan,  dan kawasan Batu Suluh -Kiluam hingga Bawang Tanggamus. 


" Doakan saja semoga semuanya bisa kita bangun menjadi jalan rigit beton,  sehingga akses transportasi masyarakat setempat bisa lancar, "jelas Taufiqullah ptia asli Putih Doh Tanggamus ini. 

Menurutnya, selain menggunakan APBD, pembangunan jalan tersebut juga akan diupayakan untuk meminta bantuan pusat melalui program jalan Inpres. 

Seliaj itu, Taufiqullah juga menjelaskan, ada sekitar 40 ruas jalan dan 11 jembatan yang akan diperbaiki melalui anggaran pendapatan dan belanja daerah (APBD) murni 2024 Provinsi Lampung.

Menurutnya, target perbaikan jalan provinsi tahun 2024 dengan menyelesaikan ruas-ruas jalan yang belum selesai diperbaiki.

“Contohnya, ada satu ruas jalan panjangnya 14 Km dan 7 Km di antaranya rusak. Nah, 7 Km itu yang kita perbaiki. Kalau dulu, kita lakukan bertahap. Misalnya 2 Km dulu. Sekarang langsung,” ujarnya. 

Pada APBD murni 2024, kata Taufiq, Dinas BMBK akan mengerjakan 40 paket pekerjaan atau ruas jalan.

Ruas-ruas jalan tersebut tersebar di 15 kabupaten/kota yang ada di Provinsi Lampung.

“Sekarang prioritasnya penyelesaian, satu ruas selesai, satu ruas selesai. Jadi, pekerjaannya agak sedikit jumlah kegiatannya atau ruas dibanding sebelumnya,” ungkapnya.

Dijelaskan, di dalam 40 ruas tersebut di antaranya adalah penyelesaian 14 ruas jalan prioritas Provinsi Lampung yang telah dikerjakan di 2023.

“2024 nanti kita selesaikan 14 ruas prioritas. Itu target utama. Ruas prioritas ini adalah ruas yang keadaannya rusak, kalau diperbaiki mempunyai daya ungkit ekonomi tinggi,” tuturnya.

Disinggung anggaran Dinas BMBK Lampung tahun 2024, ia menyebut tidak jauh berbeda dengan tahun 2023, sekitar Rp 800 miliar.(Zainiri) 


Post A Comment: