Editorial Sambut Ramadhan 1445 H./20224

Oleh Hersoli Rizwan 

CEO Pikiran Lampung Group

Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Perkembangan. Islam di Indonesia memamg tidak lepas dari pengaruh budaya. Termasuk di dalamnya tradisi menyambut bulan Suci Ramadhan. 

Di Provinsi Lampung, Belangiran atau  Pelangiran merupakan tradisi melekat yang ada dipakai warga saat menjelang bulan puasa tiba. Atau Tepatnya satu hari jelang Ramadhan atau Idul Fitri. Baik oleh warga Lampung Pepadun Maupun Sai Batin. Namun, saat inj tradisi ini seakan terlupakan bahkan nyaris punah. 

Hanya sebagian kecil warga Lampung asli yang masih mempraktikkan tradisi ini. Gubernur Lampung sebelumnya  Sjachroedin Zp, pernah mengangkatnya dan melestarikan tradisi ini di 10 tahun dia jadi pemimpin di Bumi Ruwa Jurai. Dan masib dijalankan oleh Kiay Oedin sapaan akrabnya, walau secara pribadi. 


Dari berbagai sumber yang diperoleh Pikiran Lampung, Belangiran adalah kegiatan menjelang bulan suci Ramadhan dan idul Fitri. Biasanya, warga Lampung akan bersama sama membersihkan rumah, ziarah, saling berbagi makanan untuk saur dan mandi di Sungai secara bersama pada sore atau pagi hari jelang Ramadhan. 

Sedangkan hari jelang Ramadhan atau idul Fitri, warga Lampung menyebutnya hari Pelangiran. Hal positif dari tradisi Belangiran inj adalah, memupuk tali silaturahmi antar keluarga dan tetangga,  bergotong royong serta berbagi kepada sesama. 

Semoga tradisi ini terus bisa terus terjaga, dipertahankan dan berkembang di Masyarakat Lampung. Pah Gham Belangiran, Marhaban Ya Ramadhan, Mohon maaf lahir Batin. 

Post A Comment: