Lampung (Pikiran Lampung) - Dinas Kesehatan Provinsi Lampung Ikut Memeriahkan Rangkaian Hari Ulang Tahun (HUT) Provinsi Lampung ke 60 Tahun 2024 dengan mengadakan kegiatan peduli Kesehatan bagi wanita yang diselenggarakan di Laboratorium Kesehatan Daerah (Labkesda) Provinsi Lampung pada, Selasa (05/03/24). 

Adapun kegiatan tersebut berupa "Deteksi Dini Kanker Leher Rahim bagi ASN Pemerintah Provinsi Lampung dan Masyarakat". Kegiatan ini dihadiri oleh Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Lampung dr. Edwin Rusli.,M.KM, Kepala Perangkat Daerah Pemprov Lampung dan Peserta Deteksi dini Kanker Leher Rahim. 

Dalam sambutannya, Edwin Rusli  menjelaskan "mengenai Kasus Kanker Leher Rahim sendiri merupakan hal yang baru dan sudah menduduki peringkat ke-2 dengan kasus angka kematian menduduki peringkat ke-3 di Indonesia. 


Maka dengan diadakannya kegiatan ini diharapkan peserta yang mengikuti dapat mendeteksi dini Kanker Leher Rahim yang dilakukan dengan IVA Tes,  Sehingga akan diketahui apakah ada lesi pra Kanker atau tidak dan dapat dilakukan tindak lanjut yang tepa, " Ungkapnya. 


Deteksi Dini Kanker Leher Rahim dilakukan dengan DNA HPV dan IVA Test (Co Testing) dengan sasaran untuk Provinsi Lampung sebanyak 49.400 wanita usia 30- 69 Tahun. 

Semoga dengan diadakannya kegiatan ini akan mendukung transformasi Kesehatan  di Provinsi Lampung dalam mewujudkan Masyarakat yang sehat dan Berjaya. (Wi) 

Post A Comment: