Pesisir Barat (Pikiran Lampung) -
Tim SAR Gabungan temukan  Sahlan Rosadi (60), nelayan asal Desa Pasar Mulia Kec. Pesisir Tengah Kab. Pesisir Barat dalam keadaan selamat pada Jumat (01/03/2024).

Kejadian berawal pada Rabu (28/02/2024) sekitar pukul 14.30 WIB bahwa seorang nelayan atas nama Sahlan Rosadi (60) pergi memancing dari Dermaga Kuala Stabas Perairan Krui Kab. Lampung Barat dengan menggunakan perahu sampannya. 

Namun hingga Rabu malam korban blum kembali ke rumah. Kemudian pihak keluarga dan nelayan setempat mencoba Melakukan pencarian mandiri hingga Kamis sore, namun hasil nihil.

Pada hari Kamis (29/02) sekitar pukul 16.30 WIB pihak keluarga melaporkan kejadian tersebut kepada Basarnas Lampung. Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah mengerahkan 1 tim rescue Pos SAR Tanggamus untuk menuju lokasi dan melakukan pencarian.

Sekitar pukul 22.05 WIB Tim Rescue Pos SAR Tanggamus tiba di lokasi kejadian dan langsung melakukan koordinasi dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari BPBD Kab. Pesisir Barat, Pos AL Bengkunat, Pol Airud Kab. Pesisir Barat, pihak keluarga dan nelayan sekitar. 

Berdasarkan pertimbangan kondisi cuaca dilapangan, gelombang tinggi di sertai angin kencang, maka pencarian rencananya akan di laksanakan pada, Jumat (01/03/2024) pagi mulai pukul 07.00 WIB.

Pada hari Jumat pagi tim SAR Gabungan melaksanakan briefing, tim dibagi menjadi 2 SRU. SRU I melakukan pencarian dengan menggunakan perahu jukung Basarnas radius 5 Nm (Nautical Mile) arah utara dari lokasi kejadian. SRU II menggunakan perahu nelayan melakukan pencarian sejauh 5 Nm arah selatan dan lokasi kejadian.

Sekitar Pukul 13.45 WIB terima info dari Pos TNI AL Bengkunat bahwa korban telah ditemukan terombang ambing oleh nelayan yang melintas pada koordinat 5°33'59.11"S - 103°57'42.99"E atau sekitar 15 Nm dari Pelabuhan Bengkunat dalam keadaan selamat. 

Selanjutnya korban diserahkan Ke Pos TNI AL Bengkunat, kemudian dibawa ke rumah Korban untuk diserahkan kepada pihak keluarga.

Koordinator Pos SAR Tanggamus Robi Rusli melaporkan perkembangan operasi SAR langsung kepada Kepala Kantor Basarnas Lampung Deden Ridwansah selaku SMC (SAR Mission Coordinator).

"Korban a.n. Sahlan Rosadi (60) telah ditemukan dalam keadaan selamat sekitar 15 Nm dari Pelabuhan Bengkunat.

 Selanjutnya korban dibawa menuju rumah korban untuk diserahkan kepada pihak keluarga dan menjalankan perawatan.", ujar Robi. (*)

Post A Comment: