Wakil Bupati Tanggamus Samsul Hadi. Foto ist

Bandarlampung - Wakil Bupati Tanggamus, Samsul Hadi, rupanya benar-benar serius untuk maju dalam pilkada serentak 2018 mendatang. Diketahui, belakangan ia banyak melakukan langkah-langkah politik ke berbagai tokoh partai.  Seperti, beberapa malam lalu, pria low profile ini diketahui bertandang ke kediaman Sekretaris PD Lampung, Fajrun Najah Ahmad, di kawasan Perumahan Korpri, Sukarame, Bandarlampung.

Meski mengaku hanya bersilaturahmi saja, Samsul Hadi yang diterima tuan rumah dengan bersarung itu, tak menampik jika dirinya memang merapat ke Partai Demokrat guna mendapat dukungan untuk maju pada pilkada tahun depan.

"Saya silaturahmi saja dengan Mas Fajar. Saya menitip salam hormat untuk Mas Ridho selaku Ketua Demokrat Lampung sekaligus mohon dukungan untuk maju pada pilkada di Tanggamus," ucap Samsul Hadi.

Diakui, dirinya secara pribadi sudah pernah bertemu dan bicara dengan Ridho Ficardo terkait dengan niatnya maju dalam pilkada. 

"Saya tindaklanjuti arahan beliau dengan silaturahmi dengan Mas Fajar malam ini. Kebetulan saya dengan Mas Fajar memang sudah lama kenal," kata Samsul Hadi.

Fajar -panggilan akrab Fajrun Najah Ahmad- mengakui kedatangan Samsul Hadi semata-mata untuk silaturahmi saja. 

"Kalau soal keinginan beliau untuk mendapat dukungan Demokrat, nanti saya laporkan kepada Ketua DPD, karena beliau yang berhak mengambil kebijakan. Saya dan teman-teman di DPD maupun DPC PD Tanggamus adalah pelaksana dan pengaman kebijakan beliau," kata dia.

Dikatakan, dirinya dan Samsul Hadi sudah saling kenal sejak belasan tahun silam, jauh sebelum Samsul masuk ke panggung politik dan pemerintahan. 

"Saya mengenal beliau sejak masih menjadi kepala madrasah ibtidaiyah. Sebagai sesama warga NU, kami sering bertemu, berdiskusi dan ngaji bareng. Jadi kalau kami saling bersilaturahmi, bukan hal yang aneh. Hanya kebetulan saja karena sekarang mendekati masa pilkada jadi banyak yang melihatnya dari sisi politik semata," tutur Fajar.

Terkait dengan harapan Samsul Hadi untuk didukung PD maju dalam pilkada Tanggamus, Fajar menyatakan akan melaporkan hal tersebut kepada Ketua DPD PD Lampung, Ridho Ficardo. 

"Semua terserah keputusan beliau saja. Yang jelas, secara prinsip, Pak Samsul sudah mengikuti proses penjaringan dan penyaringan di DPC PD Tanggamus. Bagaimana ke depannya, semua keputusan ada pada Mas Ridho," kata dia.

Diakui Fajar, dalam pertemuan silaturahmi selama kurang lebih dua jam itu banyak hal yang didiskusikan dengan Samsul Hadi. Bukan hanya soal politik terkait pilkada di Tanggamus tetapi juga kegiatan sosial keagamaan warga nahdliyin di kabupaten tersebut.

"Kalau soal politik terkait pilkada, kan sudah jelas alurnya, yaitu Ketua DPD PD Lampung yang akan memutuskan, jadi nggak lama kami bahas. Yang justru menjadi obrolan adalah bagaimana meningkatkan kegiatan warga nahdliyin di Tanggamus. Apalagi sekarang kan PC NU Tanggamus sudah punya gedung sendiri yang cukup megah, tentu sarana itu harus bisa dijadikan pemacu semangat warga nahdliyin untuk terus beraktivitas yang positif," kata Fajar yang juga menjabat sebagai Muhtasyar PW NU Lampung.

Untuk menunjukkan bila silaturahmi Samsul Hadi dengan dirinya lebih kepada silaturahmi sesama warga nahdliyin, Fajar menerima Wabup Tanggamus itu tetap dengan memakai sarung, kebiasaan yang menjadi khasnya selama ini bila di rumah. 

"Kalau kehadiran Pak Samsul sebagai wabup, tentu saya ganti pakaian. Untuk menghormati kedatangan seorang pejabat. Namun karena beliau silaturahmi sebagai sesama warga NU, rasanya lebih nyaman dan pas kalau saya tetap pakai sarung saja," ucap Fajar.

Lalu kepada siapakah nantinya dukungan PD untuk pilkada Tanggamus? "Semua yang mengikuti proses penjaringan dan penyaringan di DPC PD Tanggamus tentu memiliki peluang yang sama. Soal kepada siapa nantinya rekomendasi PD akan diberikan, itu kewenangan ada pada Mas Ridho sebagai Ketua DPD PD Lampung. Kita tunggu saja, jangan menduga-duga apalagi mendahului," tegas politisi senior yang sejak 2010 telah menjabat sekretaris Ridho Ficardo di DPD PD Lampung ini. (*

Post A Comment: