Foto ilustasi, Ist 
Bandarlampung- Saat ini kejahatan semakin merajarela di wilayah kota Bandarlampung. Khususnya pencurian kendaraan bermotor (Ranmor).
 Berbagai upaya telah dilakukan oleh satuan Reserse Kriminal (Reskrim) Polresta Bandarlampung (Balam) untuk mengatasi hal itu. Terbaru, bersama Unit Reserse Kriminal Polsek Sukarame, Reskrim Polresta Balam berhasil membekuk satu dari tiga pelaku pencurian sepeda motor yang kerab beraksi di wilayah Sukarame dan sekitarnya.
Pelaku yang bernama Andika (17), warga Negara Batin, Lampung Timur tersebut, diringkus disebuah rumah makan setelah melancarkan aksinya bersama kedua rekannya yang berhasil melarikan diri, pada Minggu (22/10/2017) lalu.
Kapolresta Bandarlampung, Kombes Murbani Budi Pitono mengatakan, pelaku diringkus sesaat aksinya diketahui oleh warga sekitar.” Ya, pelaku ini sempat akan dihakimi massa, tetapi beruntung anggota kami cepat mengamankan pelaku dari amukan massa,” ujarnya, saat ekspose di Mapolresta, Rabu (25/10/2017).
Murbani sapaan akrabnya menambahkan, saat ini juga ia telah memerintahkan kepada anggotannya untuk segera mengejar pelaku lainnya yang belum tertangkap.” Saat ini kami sedang melakukan pengejaran para pelaku lainnya, dan kini kami telah mengantongi beberapa nama diantaranya berinisial HM, AI dan LW,” ungkapnya.
Dari penyelidikan petugas, modus dari para pelaku ini melamcarkan aksi mencuri kendaraan sepeda motor dengan cara berkeliling bersama rekannya menggunakan sepeda motor. Setelah menemukan sasarannya, kemudian tersangka memepet kendaraan dan mendongkelnya menggunakan kunci letter T.
“Setelah mendapatkan, kemudian sepeda motornya dibawa ke Lampung Timur dan dijual dengan penadah seharga sebesar Rp3 juta sampai Rp4 juta,” jelas dia.
Dan dari penangkapan pelaku, pihaknya berhasil mengamankan barang bukti satu buah kunci letter T, satu buah senjata api rakitan dan lima buah peluru aktif.” Dari pemeriksaan anggota bahwa pelaku adalah seorang residivis pada tahun 2016 dengan kasus yang sama dan pernah dikurung di Pesawaran. Dari pengakuan tersangka juga, ia telah melakukan aksinya sebanyak delapan kali diwilayah Bandarlampung,” pungkasnya.
 Sementara itu, Andika mengaku melakukan pencurian sudah hampir delapan kali di wilayah Kota Bandarlampung.
“Sudah enam kali pak, satu diantaranya gagal. Setiap melalukan aksi curanmor itu saya sering bersama rekan-rekan yang lainnya. Dan setiap mencuri saya dan rekan selalu membawa senjata api untuk menakuti korban,” akunya kepada Kapolresta Bandarlampung Kombes Murbani Budi Pitono, saat ekspose di Mapolresta.
Remaja yang masih duduk dibangku kelas tiga SMA ini pun menambahkan, setelah berhasil melakukan pencurian motor tersebut. Ia bersama rekannya akan langsung membawanya ke wilayah Lampung Timur untuk langsung dijual dengan harga yang bervariasi.” Uangnya nanti akan saya gunakan untuk keperluan biaya sehari-hari seperti jajan dan membeli baju baru pak,” ungkapnya.
Diberitakan sebelumnya, Satuan Reserse Kriminal Polresta Bandarlampung bersama Unit Reserse Kriminal Polsek Sukarame berhasul membekuk satu dari tiga pelaku pencurian sepeda motor yang kerab beraksi di wilayah Sukarame, Bandar Lampung.(tm/wan)


Post A Comment: