BANDARLAMPUNG - Dalam upaya menggalakan kembali budaya tulis menulis, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung, menggelar Lomba Menulis Essay, dengan tema "Optimisme masa depan Provinsi Lampung setelah kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera dan Bandara Internasional Radelin Inten II".

Kepala Diskominfo Lampung, Achmad Chrisna Putra, menjelaskan, lomba penulisan ini juga sebagai bentuk publikasi dan pencapaian pemprov dalam hal pembangunan infrastruktur. 

"Infrastruktur maksudnya dipertajam lagi, yakni infrastruktur yang memiliki daya ungkit terhadap pertumbuhan dan pengembangan kawasan khususnya di wilayah provinsi," jelas Chrisna, Jumat (20/10).

Masih katanya, kunci dari pembangunan seperti jalan tol dan Bandara adalah konektivitas dengan daerah lain. "Nantinya ini yang disentuh oleh para penulis, sekaligus kita gairahkan kembali ke semua kalangan baik dari pelajar, mahasiswa, hingga masyarakat umum," tandas mantan Plt Walikota Metro ini. 

Untuk diketahui, para peserta Lomba Menulis Essay bisa memilih subtema sebagai berikut, Jalan Tol Sumatera dan Peluang  Pengembangan Ekonomi Kreatif di Lampung, Dampak Positif Jalan Tol Trans Sumatera bagi peningkatan Pemerataan Ekonomi Daerah di Lampung, Manfaat Jalan Tol Trans Sumatrera dan Pengembnangan Wilayah Strategi di Lampung, Peluang dan Tantangan Bandara Radin Inten II sebagai Bandara Internasional, dan Bandara Internasional Radin Inten II dan Peluang Pengembangan Destinasi Wisata di Lampung. 

Pembukaan lomba dibuka dari tanggal 25 Oktober 2017, naskah sudah diterima juri 28 Oktober hingga 30 Oktober 2017. Pada 31 Oktober sampai 2 November 2017 rapat juri penentuan, masuk nominasi dari 6 hingga 7 November 2017 termasuk 18 orang ( pendahuluan wawancara dan lain-lain), dan pengumuman pemenang juara 8 November 2017, dengan total hadiah jutaan rupiah.
Berikut syarat dan ketentuannya, Tema ; Optimisme masa depan Provinsi Lampung setelah kehadiran Jalan Tol Trans Sumatera dan Bandara Internasional Radin Inten II, dengan 

Sub tema, Jalan Tol Sumatera dan Peluang  Pengembangan Ekonomi Kreatif di Lampung, Dampak Positif Jalan Tol Trans Sumatera bagi peningkatan Pemerataan Ekonomi Daerah Lampung. 


Lalu, Manfaat Jalan Tol Trans Sumatrera dan Pengembanangan Wilayah Strategi di Lampung, Peluang dan Tantangan Bandara Radin Inten II sebagai Bandara Internasional, dan Bandara Internasional Radin Inten II dan 

Peluang Pengembangan Destinasi Wisata di Lampung.


Peserta lomba terbuka untuk siswa/i SMA/SMK/MA, Mahasiswa, dan umum aktif dengan dibuktikan kartu tanda mahasiswa/pelajar.


Peserta merupakan perorangan, peserta boleh mengirim maksimal, peserta wajib melakukan pendaftaran melalui sms dengan format Nama Asal ke Nomor (digambar), dan peserta wajib mengikuti prosedur dan ketentuan lomba yang telah ditetapkan panitia


Ketentuan lomba, peserta mengisi formulir pendaftaran (lampiran 2) dan dilampirkan surat pengiriman berkas.

Naskah peserta merupakan original pemikiran peserta, tulisan asli peserta, bukan plagiat serta belum pernah diikutkan pada lomba sejenis, bukan hasil googling di dunia maya dan belum pernah dipublikasikan.


Naskah peserta menjadi hak panitia penyelenggara, naskah tidak mengandung unsur SARA, hujatan dan hoax, nantinya naskah dikumpulkan dalam bentuk soft copy dengan type PDF jika dinilai perlu peserta dapat melakukan presentasi dihadapan dewan juri.


Peserta akan diseleksi menjadi 6 finalis terpilih untuk dilakukan pendalaman dalam bentuk presentasi/wawancara terhadap 6 nominator juara untuk verifikasi dan pendalaman sekaligus untuk menguji orisinalitas tulisan.


Panitia hanya mengambil peserta terbaik yaitu juara I, II, III, segala bentuk kecurangan dan pelanggaran atas ketentuan lomba maka peserta dengan tulisannya dapat dinyatakan diskualifikasi bagi peserta, dimana keputusan juri tidak dapat diganggu gugat. (lis/p1)


Ketentuan penulisan


Naskah yang dikirimkan sesuai dengan tema dan sub tema, naskah diketik dengan menggunakan Bahasa Indonesia sesuai EYD ejaan yang baik dan benar. Apabila terdapat bahasa asing has dicetak miring.


Panjang naskah essay antara 3  5 halaman (belum termasuk halaman judul, daftar pustaka dan lampiran). Naskah ditulis dengan font Times New Roman ukuran 12, margin (3.4.3.3) top, left, bottom, right ling spasi 1,5 paper (A4).


Pada bagian atas ditulis judul dengan huruf capital dan baris dibawahnya ditulis nama penulis, nama dan email penulis.

Kategori Kepesertaan, Umum, Mahasiswa, dan Pelajar.


Sistematika halam naskah.

1. Halaman judul.

2.LsI/naskah essay.

3.Daftar  pustaka.

4.Lampiran berisi 8. 


Artikel dikirim kepada Panitia dengan menuliskan Kepada Yth. Panitia Lomba Menulis Essay/Opini JTTS dan Bandara Internasional Radin Inten II.


Formulir pendaftaran CV penulis (dibuat deskrifsif dan semenarik mungkin) dan Scan kartu tanda mahasiswa (KTM)


Mekanisme pengiriman essay, naskah essay dikirimkan dalam bentuk softfire dengan type pof ke email Dikominfotik

Contoh: ESSAY IMPACT # ADE SRIMULYONO # Format nama file essay adalah sebagai berikut.


Nama peserta, Kategori, Asal Instansi : Umum

Mahasiswa ( Universitas, Fakultas), Pelajar ( Kab, Kec, Nama SMA/K sederajat ). Lampiran essay merupakan file yang bersatu dengan naskah essay.


Pengumpulan berkas terakhir pada 30 0ktober 2017. Dan pengumuman peserta lolos seleksi akan diumumkan pada tanggal 6 November pukul 20.00 WIB.


Hadiah bagi para pemenang adalah sebagai berikut.

Juara I, Uang pembinaan + piagam penghargaan.

Juara II, Uang pembinaan + piagam penghargaan.

Juara III, Uang pembinaan + piagam penghargaan.


Umum 

Juara 1,  5 Juta 

Juara 2 , 3.5 Juta 

Juara 3,  2 Juta


Mahasiswa

Juara 1,  4 Juta 

Juara 2, 2.5 Juta 

Juara 3, 1.5 Juta


Pelajar 

Juara 1, 3 Juta

Juara 2, 2 Juta

Juara 3, 1.5 juta


Post A Comment: