Hermnan HN. foto ist 
Bandar Lampung- Pada  Pilgub Lampung 2918 mendatang, calon yang diusung (PDIP) Herman HN diisukan menggandeng calon dari luar Partai. Yakni sekdaprov saat ini Sutono. Menanggapi informasi ini, kader dan pengurus PDIP Lampung mengaku tak khawatir apabila nantinya Herman  menggandeng  tokoh eksternal.
Pasalnya, publik beranggapan apabila nantinya Herman menggandeng maju tokoh yang bukan kader, mesin partai PDIP tak sepenuhnya akan berjalan.
“Kita tidak sama sekali khawatir, karena kita yakin DPP memberi putusan berupa rekomendasi dengan pertimbangan yang sudah matang atas usulan dari Pak Herman selaku cagub yang diusung Partai, dan sebagai kader di bawah harus tunduk dan patuh terhadap keputusan itu,” ujar Ketua Penjaringan PDIP Lampung Watoni Noerdin, kemarin.

Wakil Ketua Bidang Politim, Hukum dan HAM PDIP Lampung ini juga mengatakan, meskipun nantinya Herman HN bukan menggandeng kader, pihaknya mengharapkan tokoh tersebut memikiki darah dan ideologi PDIP.

“Siapapun calon pendamping Herman HN yang terpenting harus sejalan dengan beliau, artinya memiliki chemistri. Dan patut diingat, yang terpenting bisa menjalankan amanah masyarakat dan menjalankan program yang ditawarkan ke masyarakat,” harapnya.

Soal isu munculnya nama Sekdaprov Sutono yang digadang mumpuni untuk mendampingi Herman HN, Watoni menilai semua kemungkinan bisa terjadi.
“Semua kan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Banyak orang yang mencoba untuk menawarkan diri, termasuk di luar proses penjaringan. Jadi, semua tergantung Pak Herman dan DPP,” pungkasnya.

Senada, Ketua Banteng 99 PDIP Lampung Ketut Eriawan berharap nantinya Herman HN dapat menggandeng kader PDIP sebagai calon wakil gubernur. Namun begitu, dirinya tetap tunduk terhadap aturan dan putusan partai ketika nantinya bukan kader yang digandeng maju Herman.

“Kita hanya menjaga, mengawal dan mengamankan rekom itu karena sebagai kader di bawah, kita akan tunduk terhadap putusan partai,” ujar Ketut.
“Herman HN positif dan mudah-mudahan bisa menang. Kalau bisa sih wakilnya kader. Kalau di luar kader, yang penting ada ikatan dengan PDIP,” tandasnya.

Menanggapi ini, Herman HN hanya  tersenyum. Dia hanya bersikap santai saat menanggapi foto dirinya dengan Sutono di media sosial. "Ya boleh aja, asal saya jadi gubernurnya dia jadi wakil, sepanjang dia baik," ujarnya usai menghadiri hari guru nasional di gedung Krakatau Kemiling, Kamis (23/11).

Dia mengaku, sutono merupakan teman baiknya saat di provinsi. "Dia baik, dia tau saya, saya tau dia, dulu teman  saat di provinsi," ungkapnya.

Dia mengatakan, jika Sutono ditunjuk menjadi wakilnya oleh ketua PDIP, Herman mengaku siap untuk bergandengan dengan Sutono. "Ya kalau ditunjuk oleh ketua umum saya siap, yang penting dia siap membangun bersama," katanya

Herman mempersilahkan Sutono, jika surat keputusan dari ketua umum PDIP sudah keluar. "Silahkan saja, belum ngorol juga tidak apa-apa, kendala hanya di wakil, tinggal tunggu surat keputusan ketua umum, tetapi yang jelas PDIP mengusung saya nomor satu," tutupnya.(den/wan)

Post A Comment: