Jutaan Umat Islam hadiri Reuni 212 yang sekaligus Maulid Agung, di Lapangan Monas Jakarta. foto ist 
Jakarta- Seperti diperkirakan sebelunya, acara Reuni 212 di Monas Jakarta berjalan sukses tertib dan aman. Dimana, acara yang ditaksir dikuti oleh lebih dari 1 juta orang ditutup dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW. Acara yang diselenggarakan di Lapangan Monumen Nasional (Monas), Jakarta itu sudah dimulai sejak pukul 03.00 WIB dini hari, Sabtu (2/12/2017). Setelah menyelesaikan berbagai acara, Reuni 212 selesai tepat pukul 11.15 WIB.

Rangkaian acara reuni ditutup dengan shalawat kepada Nabi Muhammad SAW serta lagu Indonesia Raya. Setelah melantunkan lagu Indonesia Raya para peserta mulai membubarkan diri dengan tertib. Sebagian mereka pulang dengan memungut sampah yang berserakan. "Jangan lupa pungut sampah dan awas jangan menginjak rumput. Islam itu cinta kebersihan," teriak orator dari depan panggung.

Reuni 212 sendiri diikuti oleh sejumlah tokoh di antaranya, mantan Ketua MPR RI, Amien Rais, Wakil Ketua MPR RI, Hidayat Nur Wahid, Wakil Ketua DPR RI, Fadli Zon, Fahri Hamzah, Bachtiar Nasir, dan Gubernur DKI Jakarta, Anies Baswedan. Ketua Alumni 212 Slamet Maarif juga hadir, serta juru bicara Front Pembela Islam (FPI) Munarman hingga penyanyi kondang Ahmad Dhani dan Opick.

Sementara itu,  Panitia Pelaksana Reuni Alumni 212 mengklaim acara yang digelar di kawasan Monas, Jakarta Pusat, dihadiri oleh 7,5 juta umat orang.
"Saya baru saja mendapat info bahwa yang hadir dalam acara ini ada 7,5 juta orang," kata ujar Ketua Panitia Reuni Alumni 212, Bernard Abdul Jabbar di Monas, Jakarta Pusat, Sabtu (2/12/2017).

Bernard mengungkapkan bahwa jumlah umat muslim yang hadir pada reuni alumni 212 kali ini, lebih besar dari aksi-aksi sebelumnya.
Baca: Diguyur Hujan, Wapres JK Buka Sail Sabang 2017
"Tapi ingat, kita tidak berbangga pada jumlah yang banyak, tapi semoga menggetarkan hati musuh-musuh umat islam," tambah Bernard.
Seperti diketahui, Presidium Alumni 212 menggelar reuni Alumni 212. Pada 30 November - 2 Desember 2017.
Sebelum acara ini, lebih dulu digelar Kongres Alumni 212 di Wisma PHI, Jakarta Timur. Usai kongres, acara berikutnya Maulid Agung dan Reuni Alumni 212 di Monas, pada Sabtu, 2 Desember 2017.
Acara itu sekaligus reuni akbar 212 atau memperingati satu tahun unjuk rasa menuntut proses hukum terhadap mantan Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama yang dianggap menodakan agama.(Rol/trb)

Post A Comment: