Para Calon Rektor Terpilih (1) Agung M. Ikbal, M.Ag. (2)Dr.Dalman M.Pd, (3) Zulman Barniat, M.IP  tampak kompak bersama rektor UML saat ini. Dr. Agus Pahrudin, M.Pd. foto wawan/pikiranlampung.com
Bandarlampung- Masa bakti Rektor Universitas Muhammadiyah Lampung (UML) Dr. Agus Pahrudin, M.Pd telah berahir pada tahun ini. Untuk itu, pihak UML telah mengajukan tiga nama ke pimpinan pusat (PP) Muhammadiyah.

Para calon rektor UM Lampung diapit oleh rektor lama Dr. Agus Pahrudin, M.Pd.
"Senat Universitas Muhammadiyah Lampung telah menetapkan tiga dari delapan nama bakal calon rektor baru UML periode 2017-2021. Tiga nama tersebut yakni, Agung M.Iqbal M.Ag, Dr.Dalman M.Pd, Zulman Barniat S.Sos M.IP,"jelasnya, di ruang kerjanya kemarin.
Dikatakan Agus, tiga nama tersebut dipilih secara demokratis oleh anggota senat UML pada rapat senat pemilihan rektor, Jumat (23/2/2018) lalu.

" Sebelumnya ada delapan calon rektor UML dari 13 nama bakal calon yang ikut penjaringan. Dan dari 8 nama tersebut sudah melakukan tes kopentensi yang dilakukan oleh pengurus wilayah Muhammadiyah (PWM),"jelansya. Menurut Agus, dari 8 nama tersebut, semunya calon lolos, dan saat inipun sudah dilakukan pemilihan oleh senat universitas yang terdiri dari 24 orang yakni, rektor, wakil rektor 1, II, III, dekan, kajur dan wakil dari unsur dosen. "Dari 24 orang senat, hanya 22 orang senat yang hadir. Dua orang senat tidak hadir karena sedang di luar kota,"jelasnya.

Hasil pemilihan calon rektor UM Lampung
Dijelaskan Agus, pemilihan rektor Um Lampung telah melalui tahapan penjaringan dari Senat terhadap bakal calon rektor. Dengan memenuhi persyarata yang diatur oleh PP Muhammadiyah dan statuta UML. "Dari 13 bacalon yang masuk, hanya 8 yang direkomendasikan oleh PWM ke rektor,"jelasnya.
Lalu, lanjutnya, senat UML mengadakan rapat untuk mendengarkan visi-misi dan mengadakan pemilihan calon rektor. "Dari 8 nama tersebut, muncul tiga nama yang disebutkan di atas yang memperoleh suara terbanyak,"jelasnya. Lanjutnya, 3 nama tersebut yang telah diajukan ke PP Muhamadiyah untuk di berikan SK dan ditetapkan jadi rektor UML masa bakti 2017-2021.

Agus Pahrudin berharap, siapapun nantinya dari tiga nama tersebut yang menjadi rektor UML, bisa meneruskan program yang sudah berjalan. "Harapan saya siapun nanti yang ditetapokan jadi rektor bisa diterima semua pihak dengan lapang dada. Dan bisa meneruskan program yang sudah ada,"jelasnya. Hal ini, lanjutnya, karena pemilihan telah melalui tahapan demokrasi." Tapi ini demokrasi ala kampus yang tetap menjunjung tinggi nilai serta norma yang ada,"jelasnya. Agus juga berharap, di tangan rektor baru UML bisa lebih berkemajuan serta menjaga apa yang sudah ada. Salah satunya raihan akreditasi B. " Apa yang sudah dilakukan saat ini bisa dilajutkan oleh rektor selanjutnya. Bahkan harus bisa ditingkatkan lagi,"jelasnya. Agus juga meminta kepada semua calon atau bakal calon yang berkompetsi pada saat penjaringan dan pemilihan lalu, bisa berangkulan lagi."Pesta dan pemilihan telah usai, saya harap semuanya jangan lagi ada gesekan, mari berangkualn lagi untuk membesarkan UM Lampung yang sama-sama kita cintai ini,"pungkas Agus.

Sementara, ketika calon tersebut, yakni Agung M.Iqbal M.Ag, Dr.Dalman M.Pd, Zulman Barniat S.Sos M.IP, berjanji akan tetap menjaga suasana kondusif dan menerima siapapun nanti yang terpilih sebagai rektor baru UM Lampung. Ketiganya juga sepakat untuk melanjutkan program dari Rektor UM Lampung sebelumnya. (adv/wan)

Post A Comment: