Tanggamus-Operasi Patuh 2018 akan digelar secara serentak di seluruh Indonesia sejak tanggal 26 April hingga 9 Mei 2018 mendatang. Hal yang sama juga dilaksanakan oleh Polres Tanggamus.
Menurut Kapolres Tanggamus AKBP I Made Rasma, Operasi Patuh merupakan bagian dari persiapan menghadapi Ramadhan dan arus mudik Lebaran 2018 di wilayah hukum Polres Tanggamus.

"Dengan target operasi yakni penindakan terhadap pelanggaran yang tidak menggunakan helm standar bagi pengendara roda dua, untuk kendaraan roda empat tidak menggunakan safety belt, melampaui batas kecepatan, mengemudi sambil mabuk, pengendara dibawah umur, menggunakan handphone saat berkendara dan pengendara yang melawan arus," kata Kapolres Tanggamus saat pelaksanaan latihan Pra operasi (Latpraop) Patuh di Aula Wirasatya Polres setempat, Selasa (24/4).

Kapolres mengatakan, Operasi Patuh sendiri digelar bertujuan untuk menciptakan keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcar Lantas).

"Operasi ini fokus menekan fatalisasi terhadap korban kecelakaan lalu lintas,” kata AKBP I Made Rasma didampingi Wakapolres Kompol M. Budhi Setyadi, SIK. MM.


Lanjutnya, selain itu diharapkan dapat terciptanya publik trust/kepercayaan publik terhadap polri guna sehingga tercipta opini positif terhadap Polri khususnya Polres Tanggamus.

"Maka laksanakan dengan sebaik-baiknya dengan keikhlasan," tegasnya.


Kapolres menambahkan, cara bertindak dalam pelaksanaannya yaitu 50% represif/penindakan, 25 preemtif, 25 preventif/pencegahan.


"Sesuai tujuan operasi yaitu terciptanya situasi lalu lintas aman tertib lancar pada lokasi rawan laka, mengurangi pelanggaran dan kemacetan, serta meningkatkan tertib, patuh dan disiplin masyarakat tentang berlalu lintas," tandasnya. (Agus).

Post A Comment: