BANDAR LAMPUNG --- Sebagai kampus berbasis teknologi di Lampung, Institut Informatika dan Bisnis (IIB) Darmajaya terus membentangkan sayap. Banyak hasil penelitian yang dilahirkan mahasiswa dan mahasiswi IIB Darmajaya selama mereka kuliah di kampus biru itu.
Banyak inovasi dan kreativitas dalam pengembangan teknologi yang dirancang para mahasiswa, alumni, dan dosen IIB Darmajaya. Misalnya, mahasiswa IIB Darmajaya, M. Nouri Al Kahfi merancang automatic barrier gate yakni sistem portal otomatis dengan informasi ketersediaan tempat parkir kendaraan.
“Mau lihat hasil karyanya, calon-calon mahasiswa Darmajaya yang mendaftar di kampus ini bisa lihat langsung. Kita pamerkan alat itu di depan ruang pendaftaran kampus IIB Darmajaya,” kata Kabag Pemasaran IIB Darmajaya Ibdi Irwanto, Senin (23/7/2018).
Ibdi juga mengatakan bukan hanya mampu menciptakan automatic barrier gate, banyak karya lain yang dirancang mahasiswa di kampus ini. Misalnya, Prodi Sistem Komputer dan Teknik Komputer IIB Darmajaya juga memiliki karya teknologi lainnya seperti foodstuffs monitoring system (sistem monitoring persediaan bahan kebutuhan pokok), smart farms monitoring system (sistem monitoring zat amoniak pada peternakan ayam), fuzzy logic controller, dan lainnya.
Sebelumnya, M. Nouri Al Kahfi mengatakan prototype sistem portal parkir otomatis ini menjadi salah satu karya penelitian di bidang teknologi yang pernah dipamerkan stand Program Studi (Prodi) Sistem Komputer dan Teknik Komputer IIB Darmajaya pada Festival Teknologi Hasil Karya Mahasiswa (Feksikawa) Darmajaya 2018 di kampus setempat, 7-8 Mei 2018 lalu.
Menurut dia, untuk membuka palang pintu secara otomatis, pengguna hanya mendekatkan Radio-Frequency IDentification (RFID) Card ke box system. Sistem portal parkir otomatis ini dapat diterapkan pada pusat perbelanjaan (mall), bandar udara, apartemen, hotel, perumahan, gerbang TOL, pelabuhan, dan area parkir gedung lainnya.
Sementara, Ketua Yayasan Alfian Husin Dr. Andi Desfiandi, SE. MA., mengatakan pihaknya selalu mensuport semua kegiatan yang dilakukan mahasiswa IIB Darmajaya, termasuk penelitian yang akan mereka lakukan. “Sebagai kampus IT, IIB Darmajaya memang selalu berupaya terdepan dalam teknologi dan bisnis. Dan, ini sudah kami buktikan,” kata Andi Desfiandi.
Sebelumnya, Rektor IIB Darmajaya Ir. Hi. Firmansyah Y. Alfian., MBA. M.Sc., menjelaskan pihaknya selalu mendorong agar mahasiswa melakukan penelitian di bidang teknologi. Kegiatan itu bisa dilakukan saat melakukan penyusunan tugas akhir kuliah. “Kami ingin mahasiswa bisa lebih berbuat untuk kepentingan masyarakat luas. Salah satunya mengembangkan IT dalam penelitian yang mereka lakukan,” kata dia.
Hasilnya, lanjut Firmansyah, banyak sekali hasil penelitian yang dirancang, baik oleh mahasiswa IIB Darmajaya maupun dosen. “Apalagi, kami memiliki pakar IT internasional Dr. Onno W Purbo. Kami ingin keberadaan pak Onno bisa membangkitkan jiwa peneliti di kalangan dosen dan mahasiswa. Salah satunya sistem portal parkir otomatis yang dirancang oleh mahasiswa kami yang bisa membantu pemerintah daerah dalam pelayanan perparkiran,” kata Firmansyah. (**)

Post A Comment: