Bandarlampung (Pikiran Lampung) - Kunjungan Kerja Ketua KPK RI ke Polda Lampung disambut hangat Kapolda Lampung Irjen Pol. Drs. Purwadi Arianto,  M.Si beserta jajaran di Pendopo Polda Lampung, Jum'at (07-08-2020).

Dalam Keterangan Persnya usai Sholat Jum'at Ketua KPK RI Komjen Pol Drs. Firli Bahuri, M.Si mengatakan, dalam kunjungan kerja ke Lampung kita melakukan Komunikasi, Koordinasi dan Supervisi terkait penanganan beberapa tindak Pidana Korupsi, tidak hanya itu ada (3) tiga instansi yang dikunjungi kunjungi yaitu 1). Pemerintah Daerah dalam hal ini Gubernur, Bupati dan Walikota, 2).Kejati Lampung dan Para Kejari/Kacapjari 3). Polda Lampung dan Polres.

Dari kunjungan ini ada (3) tiga hal, yang perlu  disampaikan khususnya di Lampung, pertama adalah bagaimana suksesnya Pemprov Lampung  dan jajarannya bersama TNI-Polri dalam penangan pandemi Covid-19, menurut catatan yang ada Provinsi Lampung mendapat predikat (5) lima terbaik didalam penanganan Covid-19, tapi jangan berpuas diri dulu karena sesungguhnya  pasca penangan Covid-19 ada pertanggungjawaban seluruh Anggaran. Kedua Polda Lampung, dari data yang ada di Polda Lampung cukup memiliki prestasi penangan tindak pidana korupsi, terutama di tahun 2018 ada (27) dua puluh tujuh perkara yang selesai, di tahun 2019 juga demikian, ada beberapa kendala terkait perhitungan kerugian negara dan juga terkait dengan tenaga ahli perhitungan kerugian negara maupun ahli dibidang konsumsi dan KPK memfasiltasi baik berupa biaya dan terkait kehadiran tenaga ahli tersebut. Terakhir, Polda Lampung dari hasil pemeriksaan Laporan Keuangan mendapat Predikat Wajar Tanpa Pengecualian dan juga berhasil membangun Zona Itegritas dengan hasil yaitu Wilayah Bebas Korupsi.

"Kita doakan mudah-mudahan Polda Lampung lebih baik lagi dan semakin baik di bawah kepemimpinan Irjen Pol Drs. Purwadi Arianto M.Si didampingi dan seluruh anggota dan kita berharap Lampung akan lebih baik karena dari beberapa kali kegiatan hasil tangkap tangan, itu bisa diakhiri dengan cara pemberantasan korupsi, dengan pendekatan pendidikan masyarakat, kita ajak masyarakat juga penyelenggara negara supaya tidak ingin melakukan korupsi, karena sesungguhnya korupsi itu tidak hanya kejahatan terhadap keuangan negara, kejahatan terhadap hak asasi manusia juga kejahatan terhadap kemanusiaan.
Kedua dengan cara perbaikan sistem supaya tidak ada peluang dan kesempatan orang melakukan korupsi, tapi kalau masih ada KPK tidak segan-segan untuk melakukan tindakan tegas untuk pelaku korupsi di Lampung," pungkasnya.

Terpisah, Kabid Humas Polda Lampung Kombes Pol Zahwani Pandra Arsyad, SH dalam keterangan persnya mengatakan, "Wilayah Provinsi Lampung ini salah satunya tadi disampaikan Ketua KPK di (3) tiga Instansi Pemprov Lampung dan Para Walikota/Bupati, Kejati dan Para Kejari/Kacabjari juga Polda Lampung dan Polres, intinya beliau ingin sekali ada penguatan penegakan hukum dan memberikan support, agar Polda Lampung dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah dan Kejati untuk penangan Tindak Pidana Korupsi," pungkasnya. (San)

Post A Comment: