Bandarlampung (Pikiran Lampung
)-- Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Lampung Gelar Apel Siaga SAR Khusus Angkutan Lebaran tahun 2022 pada Senin (25/04). 

Apel dilaksanakan di lapangan upacara Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung dengan menggelar alut dan personil rescuer yang akan melaksanakan siaga. Bertindak sebagai Pembina Apel Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan Lampung Jumaril, S.E., M.M. 

Dalam apel tersebut Kakansar membacakan sambutan dari Kepala Badan Nasional Pencarian dan Pertolongan (Kabasarnas) Marsdya TNI Henri Alfiandi. Dalam sambutannya beliau menyampaikan bahwa Basarnas akan melaksanakan Siaga SAR Khusus dalam rangka mengantisipasi kondisi darurat kecelakaan transportasi secara profesional dan bersinergi dengan Kementerian Perhubungan, Korlantas Polri, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika, Pemerintah Daerah, Pengelola Jalan Tol, RS Rujukan dan Kementerian/Lembaga terkait untuk mewujudkan pelayanan SAR yang optimal kepada para Pemudik, dengan prinsip Quick Response SAR.


Pesan Kabasarnas kepada personil siaga yg di lapangan : Jaga kesehatan, dengan tetap konsisten dengan 3 M; Kuasai permasalahan yang ada, koordinasikan dan rencanakan yang terbaik; bekerja secara profesional, laksanakan misi penyelamatan di lapangan sesuai prosedur, disiplin tinggi dan mampu memberikan contoh tauladan kepada potensi SAR; selanjutnya Kepada petugas lapangan untuk selalu menggunakan APD COVID-19 dan para kakansat support mereka di garis depan; Setiap Kansar bergabung dengan Posko Gabungan yang didirikan oleh Pemda di daerah masing2; dan yg terakhir Publikasi lebih diaktifkan agar masyarakat dapat lebih merasakan kehadiran Basarnas.

Di lain kesempatan Kakansar Lampung Jumaril, S.E., M.M. menyampaikan sebanyak 105 personil siap ditempatkan di 7 titik vital di Provinsi Lampung terdiri dari Posko Induk Basarnas Lampung di Natar, Pelabuhan Bakauheni, Pelabuhan Kota Agung, Posko Pintu Tol Itera, Posko Rest Area Jalan Tol Km. 215, Pantai sekitar Kalianda, Pantai Ketapang dan sekitarnya, dan Pantai Sebalang.


Selain personil, Kantor SAR Lampung juga mensiagakan alut seperti KN SAR 224 Basudewa, RIB (Rigid Inflatable Boat) 2 unit, Double Stabilizer Boat (perahu jukung Basarnas), Rescue Car Compartement (Mobil Rescue yg berisikan peralatan ekstrikasi) untuk pertolongan kecelakaan, Rescue Truck, dan perahu karet yg dilengkapi dengan peralatan penyelamatan di air, peralatan selam, peralatan pendeteksi korban bawah air (Aqua eye).

"Untuk di Pelabuhan Bakauheni kita standby kan SRU air untuk mengantisipasi kecelakaan pelayaran dan juga SRU darat untuk mengantisipasi kecelakaan di tol trans sumatra." Ujar Jumaril. Selain di pintu Tol Bakauheni, kita juga stanbykan 1 tim di pintu tol Itera dan Rest Area km. 215 bergabung dengan tim dari rescue pihak PT. HK supaya penanganan kecelakaan dan koordinasi lebih baik dan cepat." Tambah Jumaril.

"Untuk dukungan standby SAR udara Basarnas mengerahkan 1 helikopter yg akan disiagakan di pelabuhan Merak, dimana wilayah pemantauannya hingga ke Lampung." Tutup Jumaril. (hms)

Post A Comment: