Pringsewu (Pringsewu)-
Antisipasi Penyebaran wabah Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) pada hewan ternak, Kasat Binmas Polres Pringsewu Iptu Mardiyono melakukan monitoring perkembangan PMK di pasar hewan Yang berlokasi di kompleks pasar Sarinongko Pringsewu. Sabtu (21/05/2022). 

Dalam kesempatan  itu, kasat Binmas turut didampingi drh Budi Pramono selaku Kepala Bidang Peternakan dan Kesehatan hewan Kabupaten Pringsewu, drh Dwi Nur Halim selalu dokter hewan pengampu Puskeswan wilayah 1 dan Femi Hendriyanto, Amd selaku Paramedis Puskeswan.

Kasat Binmas Polres Pringsewu Iptu Mardiyono menyampaikan Kegiatan monitoring ini dilakukan guna mencegah dan mengawasi penularan wabah penyakit mulut dan kuku pada hewan ternak di wilayah Kabupaten Pringsewu.

Lanjut Iptu Mardiyono, seluruh hewan ternak yang berada di pasar hewan, baik sapi maupun kambing dilakukan pemeriksaan guna memastikan kesehatannya.

"Untuk pemeriksaan kesehatan hewan sudah disiapkan petugas dan dokter hewan. Ini untuk memastikan tidak ada hewan yang terkena penyakit, khususnya PMK" tuturnya.

Ditambahkan Kasat Binmas, Berdasarkan hasil pemeriksan dilapangan, belum menemukan adanya hewan ternak yang terpapar PMK. Meski demikian pihaknya Tetap masif memberikan edukasi kepada para peternak hewan maupun pedagang hewan untuk mengetahui secara dini kondisi hewan yang dipelihara.

Juga mengimbau kepada seluruh peternak sapi untuk tetap waspada dengan adanya sebaran virus PMK. Apabila hewan ternaknya mengalami gangguan kesehatan, agar segera melaporkan kepada tiga pilar di Kecamatan masing-masing.

“Jika menemukan penyakit seperti luka di mulut atau di kuku pada hewan ternak segera laporkan, dan jangan panik,” pungkasnya.(kom/sup) 

Post A Comment: