Pringsewu (Pikiran Lampung) --- Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.H, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Johan Yusuf, S.Ag., M.Pd.I, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Pringsewu, H. A. Rifa'i, S.E., M.M, secara resmi Melepas Siswa Kelas IX, dan Wisuda Tahfidzul Qur'an, serta Peresmian Gedung Asrama Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTs) Negeri 2 Pringsewu, Rabu, 25 Mei 2022.

"Saya merasa bangga dan mengapresiasi setinggi-tingginya atas penyelenggaraan kegiatan hari ini dan mengucapkan terimakasih kepada Kepala Madrasah, guru, ustadz, ustadzah, tenaga kependidikan dan komite MTsN 2 Kabupaten Pringsewu yang telah membimbing siswa-siswi sehingga hari ini ada 187 murid yang telah menyelesaikan hapalannya," katanya.

"Saya sangat senang dikarenakan rata-rata yang akan dilepas telah menyelesaikan hapalan 2 Juz. Saya juga berterimakasih atas keseriusan saudari Kepala MTsN 2 beserta pembina yang dapat membina para hafidz dan hafizah Al-Quran, Hal ini terwujud dan terlaksana karena saudara ikhlas, istiqomah, tanpa kenal lelah, rela mengorbankan waktu, tenaga, pikiran dan bahkan material demi tujuan mulia dalam membimbing para calon pemimpin penjaga kemurnian Al-Quran," ujarnya.

"Untuk diketahui bersama bahwa orang yang pernah berdiri di hadapan kalian semua pernah merasakan menjadi siswa dan siswi madrasah. Saya berasal dari desa kecil dan memiliki jarak tempuh yang dilalui dalam mengemban pendidikan sangat jauh. Dengan usaha, kerja keras, dan berdoa kepada Allah SWT semua cita-cita dan impian selama menjadi siswa madrasah dapat terealisasi dengan baik," ucapnya.

"Meskipun anak-anak berasal dari desa terpencil, perekonomian yang rendah, tidak memiliki prestasi apapun baik olahraga dan pelajaran, jangan pernah merasa berputus asa dan rendah diri. Sebagaimana meminjam istilah Charles Darwin yang berbunyi Barangsiapa yang bisa survive atau bertahan dalam kehidupan ini bukanlah yang paling besar, kuat. Tetapi yang bisa bertahan dan memenangkan kehidupan ini adalah orang yang paling bisa beradaptasi dengan lingkungannya," ungkapnya.

Lebih lanjut Kakanwil Kemenag Lampung menambahkan bahwa Program Tahfiz dan Tilawah Al Quran merupakan salah satu program unggulan Kementerian Agama Provinsi Lampung, Kanwil Kementerian Agama Provinsi Lampung memiliki 2.453 lembaga madrasah terdiri dari  296.734 siswa, dan Kabupaten Pringsewu sendiri  ada 116 madrasah,  7 madrasah yang dikelola pemerintah,  109 madrasah yang dikelola masyarakat. Secara kuantitas siswa  16.311 dengan pendidik 1.212 orang, merupakan modal dasar kemajuan madrasah ke depan, jika SDM ini dikelola dan dibina dengan baik oleh Pembina Tahfiz dan Tilawah  di Provinsi, Kabupaten Pringsewu dan komponen madrasah maka program ini dapat bersinergi dengan Pemerintah Daerah Provinsi Lampung dalam program unggulan “Lampung Mengaji”.

Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung berharap para siswa-siswi MTs Negeri 2 Pringsewu untuk terus berprestasi. “Wisuda dan pelepasan ini adalah awal dalam menghadapi tantangan baru, maka dimanapun kalian berada teruslah berprestasi dan buktikan bahwa siswa madrasah dapat maju dan bermanfaat di masyarakat serta terus menebarkan kebaikan dimanapun berada,” tuturnya.

"Sebagaimana Al-Isra' ayat 7 yang berbunyi Jika kamu berbuat baik (berarti) kamu berbuat baik untuk dirimu sendiri. Dan jika kamu berbuat jahat, maka (kerugian kejahatan) itu untuk dirimu sendiri. Kebaikan untuk orang lain akan mendatangkan kebaikan untuk diri sendiri. Sebaliknya, perbuatan buruk kepada orang lain juga akan mendatangkan keburukan bagi siapapun yang melakukannya," jelasnya.

"Saya selaku Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung mengucapkan Selamat kepada MTs Negeri 2 Pringsewu atas terselenggaranya kegiatan ini dan terima kasih kepada wali murid/orang tua yang telah menitipkan anak-anaknya mengemban pendidikan di madrasah," imbuhnya.

"Saya juga menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya dikarenakan Kanwil Kemenag Provinsi Lampung belum maksimal sepenuhnya dalam memberikan pelayanan kepada Bapak dan Ibu semuanya. Tetapi yakinlah kami terus berusaha memperbaiki diri, sistem, pelayanan, dan lainnya sehingga Kementerian Agama dapat menjadi pengawal bagi kehidupan keberagamaan di Indonesia lebih baik lagi," tandasnya.

Kepada anak-anak, Kakanwil berpesan untuk meraih mimpi dan cita-cita setinggi mungkin, taburlah gagasan, taburlah kebaikan. Jadilah generasi penerus yang berkualitas dan bisa diandalkan. Jagalah nama baik almamater dimanapun kalian berada.

"Oleh karena itu, mari kita bergandeng tangan, bersama-sama untuk membekali siswa kita dengan pelajaran agama dan akhlak mulia sehingga mereka mudah diarahkan kearah yang baik untuk menjadi manusia yang berakhlak mulia atau manusia sempurna (insan kamil) yang taat pada orang tua, agama, negara, dan bangsa," pinta Kakanwil saat mengakhiri sambutannya.

Tampak hadir Ketua dan Pengurus DWP Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Subkoordinator Subbagian Umum dan Humas, Subkoordinator Subbagian Organisasi Tata Laksana (Ortala) dan Kerukunan Umat Beragama (KUB), Ketua DPRD Kabupaten Pringsewu, Pejabat di Lingkungan Kemenag Kabupaten Pringsewu, Ketua dan Pengurus Kemenag Kabupaten Pringsewu, Kepala MIN, MTs, dan MAN Se-Kabupaten Pringsewu, Pengurus Komite, Orang Tua/Wali, dan peserta undangan lainnya.

Acara dilanjutkan dengan Pelepasan Balon dan Penandatanganan Prasasti Gedung Asrama MTs Negeri 2 Tanggamus oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung didampingi Kepala Bidang Penmad Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, Kepala Kemenag Kabupaten Pringsewu. (hms/wawan)

 

Post A Comment: