Tanggamus (Pikiran Lampung)
– Usai memberikan Pembinaan ASN dan DWP Kabupaten, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum, didampingi Kepala Bidang Pendidikan Madrasah, H. Johan Yusuf, S.Ag., M.Pd.I, dan Kepala Kantor Kemenag Kabupaten Tanggamus, DR. H. Mahmuddin Aris Rayusman, S.Ag., M.Pd.I, mengadakan Kunjungan Kerja ke Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo Kabupaten Tanggamus, Rabu (25/5) di Halaman Ponpes tersebut.

Turut hadir pula dalam kegiatan tersebut Ketua DPRD Provinsi Lampung, Subkoordinator Umum dan Humas, Subkoordinator Ortala dan KUB, Ketua dan Pengurus Dhamra Wanita Persatuan (DWP) Kanwil Kemenag Provinsi Lampung, serta Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Tanggamus, Pejabat, Kepala KUA Kecamatan, Kepala MI/MTs/MA, Ketua dan Pengurus DWP Kemenag Kabupaten Tanggamus.

Dengan menggunakan batik jawa berwarna kecokelatan, Kedatangan Kepala Kanwil Kemenag Lampung beserta rombongan disambut hangat dan suasana kekeluargaan oleh Ketua Yayasan, K.H. Ahmad Fadholi, dan keluarga besar Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo.

Dalam penyambutannya, Ketua Yayasan, K.H. Ahmad Fadholi, mengucapkan Selamat Datang dan terima kasih kepada Kepala Kanwil Kemenag Lampung beserta rombongan di Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo.

“Saya ucapkan Selamat Datang dan tidak lupa pula mengucapkan dan terima kasih disela-sela kesibukan Bapak menyempatkan waktu untuk mengunjungi Kepala Kanwil Kemenag Lampung beserta rombongan di Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo disela-sela kesibukannya,” kata Kiyai Ahmad Fadholi.

“Kami merasa bahagia, bersyukur dan senang sekali atas kunjungan Kepala Kanwil Kemenag Lampung beserta rombongan di Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo padahal pondok kami berada di pegunungan tanggamus,” ucapnya.

Lebih lanjut K.H. Ahmad Fadholi adholi mengungkapkan rasa bangga, dan bahagia dikarenakan salah satu santri keluaran Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo telah menjadi Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung.

“Untuk diketahui Bapak dan Ibu serta para santri dan satriwati, Kakanwil Kemenag Lampung merupakan santri tamatan Tahun 1986 dimana saya masih di Pondok Pesantren. Saya bareng dengan Kakaknya Kakanwil Kemenag Lampung yaitu Budi Cipto. Bapak Kanwil Kemenag termasuk salah satu pendiri sekolah ini,” jelasnya.

“Pondok Pesantren Darul Ulum dimana sudah terdapat Madrasah Tsanawiyah berdiri Tahun 1977. Kemudian Tahun 1986, baru didirikan yayasan Mamba'ul ulum Margoyosong. Ditahun 1991, muridnya yang mengemban pendidikan kurang lebih 20 orang. Alhamdulillah jumlah yang mengemban pendidikan disini terus berkembang setiap tahunnya. Saat ini, yayasan kami memiliki 200 murid untuk seluruh kelas Madrasah Tsanawiyah, 400 murid untuk seluruh kelas Madrasah Aliyah. Begitupun dengan perkembangan murid untuk seluruh kelas Madrasah Aliyahnya,” rincinya.

“Semua ini tentunya berkat kerja sama dari semua elemen, baik Kemenag, instansi pemerintah lainnya, masyarakat, Pondok ini terus melakukan perkembangan, pembangunan dan sebaginya,” terangnya.

“Kami mendoakan Kakanwil Kemenag Lampung dalam menjalankan dan mengemban tugasnya, Semoga bisa amanah, jujur, dimudahkan segala urusannya oleh Allah SWT, diberikan kelonggaran batin, kesuksesan, dan keberkahan.. Aamin Ya Rabbal ‘Alamin,” doa Kiyai Fadholi saat mengakhiri sambutannya.

Selanjutnya, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Lampung, Puji Raharjo, S.Ag., S.S., M.Hum, mengucapkan terima kasih kepada keluarga Pondok Pesantren Darul Ulum Margoyoso Kecamatan Sumberrejo dan merasa senang serta berbahagia atas penyambutannya yang begitu hangat untuk dirinya dengan rombongan.

Selain untuk bersilaturahmi, menurutnya, maksud dan kedatangannya melakukan kunjungan kerja ke Pondok Pesantren untuk membangun dan menjalin sinergitas yang baik antara organisasi pesantren dan Kemenag Provinsi Lampung, khususnya dalam sosialisasi kebijakan pemerintah, dan mendorong kemandirian pesantren.

“Untuk diketahui Bapak dan Ibu serta santri-santriwati semua, menjabat sebagai Kakanwil Kemenag Lampung merupakan diluar kehendak Saya, tetapi takdir yang mengantarkan Saya pada posisi ini dan ini semua diluar kekuasaan saya. Semua ini merupakan Takdir, Qodrat dan Iradat dari Allah SWT. Oleh karena itu, mohon keikhlasan Bapak dan Ibu semua agar bisa mewakafkan hidup Saya untuk kemaslahatan umat ini,” ucap Kakanwil.

“Saya juga memohon doa, dukungan, dan nasehat dari seluruh keluarga besar apabila dalam tugas kurang tepat, ada kekeliruan, ada sedikit nakal. Sebagai keluarga pondok pesantren untuk ditegur dan diingatkan,” lanjutnya.

“Tugas dan tanggung jawab ini bisa terlaksana dengan baik dan Pondok Pesantren Darul Ulum bisa menjadi contoh atau role model bagi madrasah untuk meraih prestasi dan capaian program di lingkungan Kantor Wilayah Kementerian Agama Provinsi Lampung. Yayasan Darul Ulum ini mendapatkan akreditasi A dan mewakili Provinsi Lampung dalam program-programnya di Tingkat Nasional,” sambungnya

Dihadapan ratusan santri, staf pengajar, pengasuh dan pembina ponpes, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung yang juga alumni ponpes ini memberikan motivasi khususnya kepada santri untuk memamfaatkan waktu dengan giat belajar, berlatih dan mengasah ketrampilan yang diprogramkan ponpes.

“Selain itu juga, diharapkan kepada santri dan santriwati untuk bersikap Qanaah atau menerima terhadap apa yang menjadi petunjuk guru, ustad, ustadzah, kiyai, pengasuh, dan Pembina. Dalam mengemban pendidikan diharapkan seluruh santri dan santriwati untuk belajar dengan sungguh-sungguh dan mengikuti proses yang ada di lingkungan Pondok Pesantren Darul Ulum ,” pesannya.

Ditambahkan Kakanwil, bahwa belajar di ponpes selain belajar keagamaan juga belajar sains, dan keterampilan. Sehingga alumni ponpes bukan hanya tahu, faham ilmu agama saja, tapi juga memahami sains, teknologi dan memiliki ketrampilan sesuai yang diprogramkan ponpes. Dengan demikian, alumni ponpes siap ikut berkontribusi membangun masyarakat ditempat masing-masing.

Khusus kepada staf pengajar, pengasuh dan pembina, diharapkan untuk terus melakukan inovasi, kreativitas dan pengembangan ponpes, agar alumninya makin berkualitas dan bermanfaat bagi masyarakat.

Acara kunjungan ditutup dengan Penyerahan Bantuan oleh Kepala Kanwil Kemenag Provinsi Lampung kepada Ketua Yayasan Pondok Pesantren Darul Ulum dan berkeliling ke Madrasah Mambaul 'Ulum.(humas/P1)


Post A Comment: