Bandarlampung (Pikiran Lampung
)- Kenterian Perindustrian Republik Indonesia menggelar acara puncak Gernas BBI Lagawi (Lampung Bangga Wirausaha Industri) Fest 2022 di Provinsi Lampung  dengan tagline “Satu Bumi Juta Karya" di Pulau Tegal Mas Kabupaten Pesawaran, yang merupakan salah satu destinasi pantai wisata di Provinsi Lampung. 

Sebanyak 200 peserta mengikuti Lagawi Fest 2022 yang terdiri dari 130 orang yakni Menteri jajaran Kabinet Indonesia Maju, Gubernur Bank Indonesia, Kepala OJK, Gubernur Lampung, Bupati Pesawaran, Bupati Lampung Timur dan Pejabat Tinggi yang mendukung pelaksanaan Gernas BBI, DPR RI, DPRD, Pimpinan Top Brands, serta Marketplace dan sponsor. 

Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita pada puncak acara Gernas BBI di Pulau Tegal Mas Kabupaten Pesawaran mengatakan terdapat tujuan utama Gernas BBI diantaranya meningkatkan industri kecil dan peningkatan transaksi industri menengah. 


"Sehingga untuk menaikkan jumlah UMKM dan IKM hingga 30 juta yang ditargetkan pemerintah, akan dilakukan edukasi Kepada pelaku UMKM da IKM dengan berbasis online" Kata Menperin dalam pembukaan acara Lagawi Fest 2022.

Menurutnya kemajuan tekhnologi saat ini harus dapat dilakukan dan diikuti pelaku UMKM agar dapat untuk meningkatkan produktifitas pemasaran dengan cepat.

"Sudah terbukti melalui teknologi online dapat meningkatkan kemajuan UMKM dan IKM di Indonesia, karena pangsa pasar dapat diperoleh dengan cepat," ungkapnya (23/6/2022).

Saya berharap dengan gelaran acara Gernas BBI tahun ini dapat menjadi motivasi pelaku UMKM dalam berinovasi, dengan melibatkan tenaga kerja masyarakat luas.

"Dengan demikian juga dapat meningkatkan perekonomiam masyarakat, dan menekan angka pengangguran,"ucapnya.

Kemudian, 70 orang terdiri dari 30 Industri Kecil Menengah (IKM) terpilih, yang telah disaring dan diumumkan sebagai 5 pemenang nantinya akan mengikuti BBI Award tingkat nasional.

Sementara, Gubernur Arinal Djunaidi mendampingi Menteri Perindustrian RI pada acara Harvesting Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Lagawifest Tahun 2022, di Pulau Tegal Mas, Kamis (23/06/2022) 

Gubernur menyampaikan apresiasi dan ucapan terimakasih karena Provinsi Lampung terpilih menjadi salah satu tuan rumah Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia Tahun 2022 melalui event Lampung Begawi Festival atau Lagawi Fest dengan tema Satu Bumi Juta Karya.

Gubernur Arinal mengatakan bahwa pasca pandemi, Industri Kecil Menengah IKM/UKM bangkit dari kelesuan dan terus melesat dengan semakin meningkatnya pasar baik di dalam maupun dari luar negeri, terutama dengan adanya Gernas BBI.

Gubernur menyebutkan, di Provinsi Lampung saat ini terdapat sebanyak 95.401 IKM, didominasi oleh Industri Makanan dan Minuman, terbanyak berada di Kabupaten Lampung Tengah dan Lampung Timur. Pada Tahun 2021, sektor industri pengolahan mengalami pertumbuhan sebesar 4,57 %, sektor ini juga berkontribusi sebesar 19,65 %, atau sebagai sektor kedua terbesar yang berkontribusi terhadap PDRB Provinsi Lampung. 

Di kesempatan tersebut, Gubernur Arinal memohon dukungan dari Menteri Perindustrian RI untuk berupaya menaikkan kelas para IKM / UKM melalui pelatihan peningkatan kualitas, sertifikasi mutu, disain kemasan, bantuan alat, pemasaran, dan akses pembiayaan.

"Provinsi Lampung sangat mendukung kemajuan dari IKM/UKM melalui Gernas BBI. Dengan Gernas BBI di Provinsi Lampung, IKM/UKM terpacu untuk menghasilkan produk yang berkualitas, dan masyarakat akan lebih mencintai dan bangga akan produk buatan dalam negeri," kata Gubernur Arinal.

Gubernur kemudian berharap, Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia tidak hanya seremonial saja, tapi terus digencarkan secara kontinyu dan berkelanjutan. Selain itu IKM/UKM diharapkan menjadi salah satu komponen penggerak roda perekonomian Lampung, yang juga akan menjadi stimulus pemulihan perekonomian nasional.

"Saya mengajak masyarakat Lampung, mari kita Bangga akan Buatan Indonesia, khususnya produk UMKM Lampung karena memakai produk lokal akan membantu pemulihan ekonomi, dan mensejahterakan bangsa," pungkas Gubernur Arinal

Pada acara puncak Gerakan Nasional Bangga Buatan Indonesia (Gernas BBI) ini dihadiri beberapa menteri yakni Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan dan Menteri Perindustrian Agus Gumiwang Kartasasmita, serta tamu undangan lainnya, dari pemerintah daerah Provinsi Lampung. (red) 

Post A Comment: