Jakarta
(Pikiran Lampung)-  Misi sulit akan dijalani oleh timnas Garuda Nusantara di pertandingan akhir kejualaan piala AFF U19. Walaupun Indonesia menang nantinya, tidak otomatis membuat tim muda ini lolos ke fase selanjutnya. 

Dimana, Timnas U19 akan menghadapi Myanmar U-19, pada laga pamungkas atau kelima Grup A Piala AFF U-19 2022 di Stadion Patriot Candrabhaga, Kota Bekasi, Ahad (10/7/2022) oujuk 19,30 malam WIB. Ini laga hidup-mati bagi Skuat Garuda Muda. Pasalnya, menentukan Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal atau tidak.

Namun, dibalik itu semua, timnas sebenarnya terancam tidak akan melaju ke semifinal pada kancah tersebut. Atau dihadapkan pada situasi sulit dan cukup mustahil untuk lolos bila mengacu kepada regulasi baru yang dikeluarkan oleh AFF,  Saat ini, Timnas Indonesia U-19 berada di posisi ketiga klasemen sementara Grup A dengan raihan 8 poin dari 4 laga. Pasukan Shin Tae-yong kalah dua angka dari Vietnam U-19 dan Thailand U-19 di posisi dua besar.

Namun, Timnas Indonesia U-19 memiliki selisih gol lebih banyak yakni +11. Unggul atas Vietnam (+9) dan Thailand (+6). Lalu bagaimana skenario Timnas Indonesia U-19 lolos ke semifinal.

Timnas Indonesia U-19 wajib menang atas Myanmar dengan skor berapa pun. Di satu sisi, Vietnam menghadapi Thailand harus saling mengalahkan. Sehingga, Timnas Indonesia U-19 mengoleksi 11 poin. Sedangkan Vietnam atau Thailand akan berakhir dengan 10 poin atau 13 poin. Timnas Indonesia U-19 lolos sebagai runner-up Grup A.Jika Vietnam melawan Thailand seri, catatannya harus skor imbang tanpa gol. Sedangkan Timnas Indonesia U-19 tetap wajib menang.

Dengan begitu, Timnas Indonesia U-19 berada di puncak klasemen. Unggul selisih gol dari Vietnam dan Thailand. Namun, Timnas Indonesia U-19!akan tersingkir jika Vietnam vs Thailand berakhir imbang dengan skor 1-1, 2-2, dan seterusnya. Walaupun Skuat Garuda Muda menang atas Myanmar.

Pasalnya, menurut regulasi AFF, Indonesia, Vietnam, dan Thailand dibuat klasemen mini. Timnas Indonesia U-19 akan kalah produktivitas gol dalam head-to-head ketiga tim.(Bolaskor/P10

Post A Comment: