Way Kanan (Pikiran Lampung)---Tim SAR Gabungan lakukan pencarian terhadap warga Banjit yang ertimpa longsor pada Sabtu (11/03/2023).

Kejadian berawal pada hari ini Jumat (10/03) sekitar pukul 08.00 WIB terjadi longsor di Kecamatan Banjit Kabupaten Waykanan, dan pada saat itu banyak petani kopi yang sedang melaksanakan aktifitasnya di kebun. Berdasarkan informasi terdapat 3 korban tertimbun longsor yang terdiri dari 2 orang di Kampung Cukuh Batu dan 1 orang di Desa Sumber Sari. 

Korban tertimbun longsor di Desa Cukuh Batu bernama Fatimah (25), dan Dicky (4), sedangkan korban yang tertimbun di Desa Sumber Sari bernama Siran (62).


Basarnas Lampung menerima info tersebut dari Harlin (PJ Kepala Desa Cukuh Batu) pada Jumat pukul 18.50 WIB. Menindaklanjuti info tersebut Kepala Kantor Basarnas Lampung mengerahkan tim pemantauan Banjir Way Kanan yang sedang berada di  Negara Batin untuk menuju ke Kampung Cukuh Batu sebagai tim aju. Kemudian penambahan 1 Tim rescue berangkat dari kantor Basarnas Lampung untuk penguatan personil di lokasi kejadian.

Pada Sabtu (11/03) pukul 07.00 WIB Tim Rescue melaksanakan briefing dengan unsur SAR Gabungan yang terdiri dari Koramil Banjit, Polres Way Kanan, Polsek Banjit, BPBD Way Kanan, Pol PP Way Kanan, Damkar Way Kanan, Tagana Dinas Sosial Way Kanan, Camat & Perangkat Desa, NDMC Muhammadiyah Way Kanan dan masyarakat yang sudah berada di Kecamatan Banjit Kab.Way Kanan. 

Hasil briefing Pencarian di bagi 3 SRU (SAR Rescue Unit). SRU I melakukan pencarian korban di longsoran awal Cukuh Batu. SRU II melakukan pencarian di lokasi longsor ke 2 di Kampung Cukuh Batu yg di curigai adanya korban yg tertimbun. SRU III melakukan pencarian di Desa Sumber Sari. 

Pada hari ini Sabtu (11/03) Basarnas Lampung mengerahkan kembali 1 Tim rescue menuju lokasi kejadian untuk menambah kekuatan pencarian, karena area pencarian longsoran di Banjit cukup luas, dan agar korban segera ditemukan.

"Kami turunkan lagi 1 tim Rescue pada hari ini untuk menambah kekuatan tim di kampung Cukuh Batu. Semoga korban segera ditemukan dan bencana ini segera berlalu amin." Ujar Deden.

Pada hari ini tim SAR Gabungan melakukan pencarian hingga pukul 17.00 WIB, namun belum membuahkan hasil atau nihil. Pencarian dihentikan sementara dan akan dilanjutkan kembali pada Minggu (12/03) pukul 06.00 WIB.(yon)

Post A Comment: