Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Pada acara Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Dalam Rangka Penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) Provinsi Lampung Tahun 2024 di Hotel Novotel Bandar Lampung, Rabu (29/03/2023).

Acara Musrembang ini Dihadiri dan dibuka langsung oleh Gubernur Lampung, Ir. H. Arinal Djunaidi, turut dihadiri secara virtual oleh Mendagri diwakili oleh Direktur Jenderal Bina Pembangunan Daerah, Ir. Restuardy Daud, M.Sc, dan Menteri Perindustrian RI diwakili Staf Ahli Menteri Bidang Iklim Usaha dan Investasi, Andi Rizaldi. Hadir secara langsung Menteri Perencanaan Pembangunan Nasional diwakili Direktur Pendanaan Mutilateral Kementerian PPN/Bappenas, Dr. Raden Siliwanti, MPIA, dan Wakil Gubernur Lampung, Chusnunia Chalim.

Pada Musrenbang tersebut, Pemerintah Provinsi Lampung bersama Kementerian Perencanaan Pembangunan Nasional mendorong seluruh Pemerintah Daerah, baik Kabupaten dan Kota untuk meningkatkan kualitas perencanaan dan pelaksanaan pembangunan. Salah satu yang dilakukan dengan memberikan Penghargaan kepada Pemerintah Daerah yang telah menunjukkan kinerja terbaik dalam perencanaan, pelaksanaan dan inovasi pembangunan melalui penghargaan pembangunan daerah.

Dimana Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai Tahun 2023 adalah penghargaan yang diberikan oleh Pemerintah Provinsi Lampung kepada Pemerintah Kabupaten dan Kota yang telah menyusun dokumen perencanaan berkualitas, inovasi pembangunan serta pencapaian target-target pembangunan daerah.

Bupati Raden Adipati Surya pada acara tersebut menerima Penghargaan Khusus Kategori Kabupaten Dengan Capaian Makro Pembangunan Terbaik, yang diserahkan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi. Selanjutnya, Gubernur Lampung juga menyerahkan Penghargaan Pembangunan Daerah SABURAI Tahun 2023 Kategori Kabupaten Terbaik, Kategori Kota Terbaik, Penghargaan Khusus Kategori Kabupaten Terbaik Dalam Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan, serta Kategori Perangkat Daerah Terbaik Pemerintah Provinsi Lampung.

Diketahui, penerimaan penghargaan tersebut berdasarkan tahapan penilaian yang terdiri dari Tahap Pertama terhadap dokumen perencanaan dan dokumen inovasi yang dilakukan oleh Tim Penilai Teknis, Tahap Kedua yaitu presentasi dan verifikasi yang dilaksanakan secara offline oleh Tim Penilai Utama dan Tim Penilai Independen dengan mengutamakan 4 aspek penilaian yaitu Pencapaian Pembangunan, Proses Penyusunan Dokumen, Kualitas Dokumen, dan Inovasi Pembangunan. Selain itu, Penghargaan Pembangunan Daerah Sai Bumi Ruwai Jurai Tahun 2023 juga diberikan kepada Perangkat Daerah yang telah menyusun dokumen perencanaan dan capaian kinerja yang terbaik. Penghargaan Pembangunan Daerah juga diberikan kepada Kabupaten/Kota yang telah melaksanakan Perencanaan Pembangunan Ekonomi Inklusif dan Berkelanjutan, dan kepada Kabupaten/Kota dengan capaian makro pembangunan yang terbaik.(*/Yoni)

Post A Comment: