Kadis Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Provinsi Lampung  Bobby Irawam. 
Foto Muhammad Zainiri/ Pikiran Lampung

Bandarlampung (Pikiran Lampung)- Keberadaan Pasar Kreatif dan Seni di Kota Bandarlampung  akan dikembangkan lebih luas lagi fungsinya. Tak hanya sebagai pusat kegiatan seni, tapi juga ekonomi kreatif. Untuk itu, Pemerintah Provinsi Lampung melalui Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Disparekraf)  akan 'Memoles' secara menyeluruh pasar Kreatif dan seni yang terletak di PKOR Way  Halim Bandarlampung itu. Yakni, dengan mengembangkan potensi ekonomi kreatif serta kearifan budaya lokal yang ada di Sai Bumi Ruwa Jurai. 

Hal ini dijelaskan Kadis Parekraf Provinsi Lampung, H.Bobby Irawan, SE, M.M, saat berbincang dengan Pikiran Lampung di ruang kerjanya, Jumat (24/3/2023). 


"Pasar Kreatif dan seni ke depan direncanakan menjadi salah satu etalase pengembangan ekonomi kreatif dan budaya, sebagai bagian dari strategi pengembangan pariwisata Lampung,"jelas pria ramah ini. 

 Adapun langkah-langkah upayanya, lanjut, Bobby. pertama konsolidasi dengan pelaku atau komunitas ekonomi kreatif, kemudian peningkatan kapasitas kelembagaan dan tata kelola pasar seni,. "Kami juga terus berupaya untuk optimalisasi sarana dan prasarana yang ada pasar seni tersebut. Seperti menata kembali tempat -tempat yang ada. Dan promosi serta peningkatan penyelenggaraan even-di pasar seni tersebut,"jelas Kadis. 

Menurut Bobby, Lampung sebagai salah satu tujuan daerah pariwisata memiliki potensi ekonomi kreatif. Seperti kuliner, fesyen dan seni pertunjukan. 

“Yang akan kita kembangkan di Pasar Kreatif dan Seni adalah ekonomi kreatif serta pertunjukan budaya, dengan menggelar banyak even serta promosi,"jelasnya. Yang tujuannya kata dia, untuk mendatangkan pengunjung atau pelancong. Baik dari dalam maupun luar negeri. 

"Jadi, ketika pelancong atau wisatawan ke Lampung ada tempat yang menarik dan wajib dikunjungi, yakni pasar kreatif dan seni di Way Halim."jelasnya. Dan untuk mewujudkan  program ini, pihaknya juga sudah menjajaki kerjasama dengan berbagai pihak terkait yang ada di Provinsi Lampung. ' Ya kita sudah jajaki kerjasama serta kolaborasi dengan stakeholder dan komunitas terkait dalam hal promosi dan menggelar even di Pasar Seni Way Halim."jelasnya. 

Dia menjelaskan, Pasar Kreatif dan Seni Way Halim ini memiliki lokasi yang strategis di dekat jalan by pass Sukarno Hatta dan bisa dijangkau dari segala arah dengan parkir yang luas. (wawan) 





Post A Comment: