BANDARLAMPUNG (Pikiran Lampung)
-- Universitas Lampung ( Unila ) menyelenggarakan Olimpiade Nasional Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (IPA) Perguruan Tinggi (ONMIPA-PT) tingkat universitas tahun 2023.

Kompetisi ini diikuti 158 mahasiswa Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam (FMIPA), Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), dan Fakultas Teknik (FT) kampus setempat.

Pembukaan ONMIPA-PT 2023 secara resmi dilakukan oleh Wakil Rektor Bidang Kemahasiswaan dan Alumni Unila Dr. Anna Gustina Zainal, S.Sos., M.Si., Rabu, 12 April 2023, di ruang sidang satu lantai empat Rektorat.

Ketua Pelaksana ONMIPA Unila tahun 2023 Dr. rer. nat. Roniyus Marjunus, S.Si., M.Si., melaporkan, 158 peserta olimpiade tersebar pada empat bidang yang diperlombakan, yaitu Biologi 50 orang, Kimia 30 orang, Fisika 34 orang, dan Matematika sebanyak 44 orang.

ONMIPA merupakan kegiatan tahunan yang diselenggarakan Pusat Prestasi Nasional Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Puspresnas Kemendikbudristek RI). Kompetisi ini dilakukan secara bertahap mulai dari tingkat universitas, wilayah, dan berakhir di tingkat nasional.

Selain meningkatkan jumlah mahasiswa berprestasi, kegiatan bertujuan untuk mendorong peningkatan prestasi mahasiswa, kemampuan akademik, wawasan, dan kecintaan mahasiswa terhadap bidang studi matematika dan ilmu pengetahuan alam, serta meningkatkan kualitas perguruan tinggi.

Anna Gustina Zainal menyambut baik terselenggaranya kompetisi ONMIPA-PT 2023 dan antusiasme peserta khususnya di bidang biologi. Selama tiga tahun terakhir, peserta dari Unila selalu lolos ke tingkat nasional dan diharapkan dengan antusias peserta tahun ini, Unila dapat meraih prestasi lebih baik lagi.

“Sebanyak 158 peserta yang telah terseleksi merupakan orang-orang hebat. Namun, tidak semua dapat dikirim ke tingkat selanjutnya. Maka diadakan seleksi agar lima orang yang terpilih bisa disiapkan untuk maju ke tahap regional dan mudah-mudahan bisa lolos ke tahap nasional dengan membawa medali,” ujar Dr. Anna. (red)

Post A Comment: