Bandarlampung (Pikiran Lampung
) -Secara mendadak Presiden Joko Widodo (Jokowi) batal mengunjungi Lampung hari ini. Namun pihak Setpres maupun pemprov Lampung tidak menyebutkan secara pasti batalnya kunjungan RI 1 ke bumi ruwa jurai ini. 

Deputi Bidang Protokol, Pers, dan Media, Sekretariat Presiden (Setpres) Bey Machmudin mengatakan agenda kunjungan Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) ke Provinsi Lampung tak dilaksanakan pada Rabu (3/4) ini.

Namun, ia memastikan orang nomor satu di Indonesia itu tak akan membatalkan jadwal untuk mengunjungi Lampung.

"Bukan batal, memang belum hari ini," kata Bey seperti dikutif dari laman CNNIndonesia.com.

Sebelumnya, Jokowi disebut akan mengecek langsung kondisi jalanan rusak di Lampung. Agenda kunjungan itu diungkapkan oleh Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono.

"Ruas-ruas jalan daerah, bukan nasional, yang dikeluhkan oleh masyarakat, beliau akan lihat," kata Basuki di Istana Kepresidenan Jakarta, Selasa (2/5).

Basuki mengatakan Jokowi akan membuat kebijakan setelah peninjauan itu. Ia menyebut akan ada instruksi presiden (inpres) khusus mengenai pembangunan jalan daerah. Namun, Basuki belum menjelaskan detail soal inpres itu.

"Apa nanti yang beliau akan perintahkan kepada saya, kalau nanti kalau bisa kerjakan, saya kerjakan," ujarnya.

Adapun jelang kedatangan Jokowi, Gubernur Lampung Arinal Djunaidi bersama Forkopimda Lampung pun mengecek kondisi jalanan menjelang kunjungan Jokowi. Pada Senin (1/5), Arinal dan rombongan, meninjau jalanan di Rumbia, Lampung Tengah.

"Jalan di Rumbia ini sendiri sudah masuk dalam prioritas pembangunan salah satu ruas jalan di Kabupaten Lampung Tengah yaitu Ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya yang menjadi kewenangan Pemerintah Provinsi Lampung di Tahun 2023 ini," kata Arinal dalam keterangan tertulis.

"Pembangunan ruas tersebut akan berkesinambungan melalui APBD dan APBN," imbuh dia.

Ia mengklaim proyek infrastruktur merupakan prioritas untuk dilaksanakan. Namun, Arinal berdalih pandemi Covid-19 membuat anggaran dialihkan untuk bidang kesehatan, pengaman sosial, hingga stimulus bagi UMKM.

"Mengembangkan infrastruktur guna meningkatkan efisiensi produksi dan konektivitas wilayah merupakan salah satu misi dari visi Rakyat Lampung Berjaya," katanya.

Di Lampung Tengah, ia mengatakan Pemprov bakal membangun beberapa ruas jalan yang menjadi kewenangan di 2023 ini.

"Yakni Ruas Kota Gajah - Simpang Randu, Ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya dan Ruas Seputih Surabaya - Sadewa," ujar dia. (Cmn/p1) 

Post A Comment: