Jakarta (Pikiran Lampung) –
Kepala Kantor Wilayah Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo, menjadi salah satu dari 60 peserta Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II Angkatan XVI yang diselenggarakan oleh Lembaga Administrasi Negara bekerjasama dengan Balitbang dan Diklat.

 Diikuti oleh peserta dari lintas Kementerian dan Lembaga seperti Kementerian Agama, Kementerian Sosial, Polri dan KPK, Pelatihan ini berlangsung dari tanggal 12 Juni hingga 26 Oktober 2023 dengan tema "Strategi Penguatan Toleransi Beragama dalam Mewujudkan Umat yang Rukun dan Sejahtera".

Hadir dalam acara pembukaan Menteri Agama RI, Sekjen Kemenag, Deputi Penyelenggaraan Pengembangan Kompetensi LAN, Kaban Balitbang Diklat, para Pejabat Eselon I serta Staf Ahli dan Staf khusus.

Menteri Agama, Yaqut Cholil Qoumas, dalam sambutannya menekankan pentingnya output dan outcome dari Pelatihan Kepemimpinan Nasional Tingkat II ini. Ia berharap pelatihan ini dapat menghasilkan pejabat yang inovatif dan dapat membantu mencapai tujuan organisasi. Selain itu, ia juga berharap pelatihan ini dapat melahirkan birokrat yang loyal.

Menurut Puji Raharjo sebagai bagian dari komitmen, peserta pelatihan menandatangani pakta integritas yang berisi tujuh poin, yang antara lain mencakup peningkatan pengetahuan, keahlian, dan keterampilan; menjaga perkataan, perilaku, dan sikap; mentaati ketentuan yang berlaku; tidak melakukan plagiarisme; menghindari hal-hal yang bertentangan dengan hukum; wajib tinggal di asrama selama pelatihan; dan siap dinyatakan gugur sebagai peserta jika melanggar ketentuan yang telah ditetapkan.

"Pelatihan ini diharapkan dapat membantu peserta yang merupakan para ejabat esselon 2 dalam melaksanakan tugas jabatan mereka secara professional serta melahirkan proyek perubahan yang bermanfaat lebih besar untuk kepentingan lembaga atau organisasi pemerintah, sehingga dapat meningkatkan kinerja dan layanan publik dan berorientasi pada pelayanan, pengayoman, dan pemberdayaan masyarakat,"jelasnya. (red)

Post A Comment: