Bandar Lampung (Pikiran Lampung
) - Dalam rangka meningkatkan kualitas dan Sumber Daya Manusia ( SDM) wartawan media Pikiran Lampung Group,  Herzoli Riswan selaku CEO Media Pikiran Lampung menggelar Diklat Jurnalistik Pra Uji Kompetensi Wartawan (UKW) dan Dialog Publik dengan tema " Membedah Pembangunan Lampung Yang Berkelanjutan " yang bertempat di Sparks Lite Hotel di Jalan P. Antasari 15 Kedamaian, Kota Bandar Lampung, Sabtu, (9/12/2023). 

Dalam kesempatan tersebut, tampak hadir Kadis Kominfotik Lampung, Achmad Saefulloh S. MH, Humas Unila, Pimpinan Radar Lampung Abdul Karim, Dr.Yusdiyanto, S.H., M.H. Dosen FH Unila, perwakilan anggota dari KNPI, Kasat Pol PP Provinsi Lampung beserta seluruh Biro dan wartawan serta seluruh jajaran crew media Pikiran Lampung Group. 

Dalam sambutannya, CEO Pikiran Lampung Group,  Hersoli Rizwan Atau biasa disapa Wawan Nunyai mengungkapkan bawah kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kualitas wartawan di jajaran media Pikiran Lampung group yang ada di seluruh bumi Ruwa Jurai. "Saya ucapkan selamat datang kepada pemateri wartawan senior dari Radar Lampung Abdul Karim, dan kepada peserta saya minta agar bisa memanfaatkan kesempatan diklat ini sebaik baiknya, " tegas wawan. 

Selain dalam sambutannya saat membuka dialog ,Wawan mengucapkan terimakasih atas kehadiran para narasumber dialog, baik dari unila naupun Pemprov Lampung. " Semoga dengan adanya kegiatan ini pembangunan di Lampung terus berkesinambungan untuk menuju Masyarakat Lampung yang sejatera dan berjaya, "tegasnya.


Dalam penyampaiannya sesuai dengan tema acara tersebut, kadis Kominfotik Lampung, Achmad Saefulloh S.H, mengharapkan dengan adanya acara kegiatan tersebut, wartawan Pikiran Lampung Group bisa lebih memiliki bobot baik dalam penulisan ataupun penyampaian dalam bentuk produk  jurnalistik nya yang di sampaikan ke publik. 

Di samping itu juga Achmad Saefulloh mengatakan bahwa, dengan berkembangnya teknologi, wartawan maupun perusahaan media dapat beradaptasi dalam berkarya dengan sistem teknologi yang maju saat ini. 

Dalam kesempatan tersebut juga, mengharapkan kepada wartawan Pikiran Lampung Group bisa menyampaikan karyanya sebagai bentuk kritik yang membangun demi kemajuan Provinsi Lampung tercinta ini. 


" Jadilah wartawan yang bisa menyajikan karya jurnalistiknya sebagai bentuk kritik membangun di era teknologi maju ini ", ujarnya. 

Sebagai Narasumber, Yustianto, pakar Hukum Unila memberikan beberapa pandangan publiknya terkait tema dalam kegiatan tersebut , " Berbicara kedepan kita harus lihat secara internal maupun eksternalnya serta bagaimana caranya dalam meningkatkan layanan kepada masyarakat serta bagaimana dengan kinerja pegawai ", ucap dia. 


Dia berharap mengenai pembangunan yang berkelanjutan bahwa perlunya evaluasi dalam tatakelola , serta meningkatkan sektor jasa dan pertumbuhan serta memberikan rasa aman dan nyaman bagi masyarakat. 

Di tempat yang sama, Abdul Karim narasumber dari Radar Lampung memberikan edukasi berdasarkan pengalamannya selama menjadi wartawan. 

Ia mengatakan bahwa jurnalis harus memiliki nilai jual serta benar benar menjaga profesional dalam tugasnya di lapangan. 

"Jurnalis itu harus skeptis, bertindak, perubahan dan pemakna untuk memiliki nilai jual dimata publik", Ujar dia. 

Jurnalis tidak boleh merasa puas lanjutnya. " Demi untuk mendapatkan informasi yang benar-benar akurat dan berimbang ", Imbuhnya. (joe) 

Post A Comment: