Lampung (Pikiran Lampung) -
Setiap Bulan Ramadhan biasanya banyak pedagang penjual buah-buahan dan yang menjadi ciri khasnya saat Ramadhan yaitu Buah Timun Suri.

Banyak kita jumpai Timun suri di pasar maupun di pinggir jalan saat Ramadhan tiba. Untuk harga buah ini tidak lah mahal. Sehingga buah ini banyak dijual dan disajikan menjadi aneka olahan minuman yang sehat.

Buah yang banyak muncul ketika bulan Ramadhan ini memiliki bentuk lonjong dengan warna kulit hijau kekuning-kuningan. Tekstur dagingnya cenderung lembut serta mengandung banyak air.

Timun suri adalah salah satu buah yang bisa mencegah anemia. Sebab, kandungan zat besi dalam timun suri merupakan sebuah komponen penting dari hemoglobin, Yang berfungsi untuk mengalirkan oksigen ke seluruh tubuh. 

Hal tersebut sangat baik untuk kesehatan tubuh kita selama menjalani ibadah puasa.

Buah Timun suri merupakan salah satu anggota keluarga labu-labuan (Cucurbitaceae), masih satu keluarga dengan buah labu dan melon.



Banyak manfaat yang didapat ketika kita mengkonsumsi timun suri antara lain:

1. Membantu mencukupi cairan tubuh

Timun suri kaya akan air, selama kita berpuasa tidak makan dan minum setidaknya 12 hingga 13 jam dalam sehari. Timun suri dapat mencukupi cairan tubuh selama kita menjalankan puasa.

2. Mencegah sekaligus mengatasi sembelit

Manfaat timun suri juga diketahui adalah dapat mencegah dan mengatasi sembelit. Sama seperti buah lainnya, timun suri mengandung serat.

3. Menurunkan risiko berbagai penyakit

Selain itu juga Timun suri mengandung vitamin C yang bertindak sebagai antioksidan. Bahan aktif pada timun suri ini memberi manfaat perlindungan yang melimpah.

4. Menyehatkan tulang

Untuk manfaat yang satu ini byk yang tidak mengetahui yaitu, Timun suri mengandung Vitamin D. Tulang akan tetap sehat jika konsumsi vitamin D tercukupi.

5. Menurunkan risiko anemia

Satu lagi kandungan nutrisi timun suri yang memberi manfaat dalam pencegahan anemia, yakni adanya kandungan zat besi dalam Timun suri. (Wi)

#TipsBuahSehatMenjalaniRamadhan-SalamSehatPikiranLampungGroup#




Post A Comment: