Lampung (Pikiran Lampung) -
 Saat ini penyakit kanker masih sangat dianggap berbahaya, terlebih lagi dengan pengobatan medis yang begitu banyak rangkaianya sehingga banyak yang tidak kuat dengan penyakit tersebut.

Berikut disampaikan mengenai penjelasan dan mengenal tentang kanker. Kanker adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel kanker tersebut biasanya terjadi pada satu organ tubuh tertentu yang kemudian bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.

Kanker bisa dialami oleh berbagai kalangan, mulai dari usia anak-anak hingga usia lanjut. Oleh karenanya, penting untuk mengenal serta mewaspadai kanker sejak dini. Mari simak ulasan mengenai kanker selengkapnya dalam artikel berikut ini. 

Kanker juga merupakan kondisi medis berupa tumbuhnya sel abnormal dan ganas di dalam tubuh. 

Pertumbuhan sel kanker ini bisa terjadi di seluruh bagian tubuh, mulai dari kulit, mata, paru-paru, hingga organ intim. Beberapa jenis kanker yang paling umum terjadi yaitu kanker payudara, kanker paru-paru, kanker usus besar, dan kanker prostat.

Kanker sering kali digunakan untuk menyebut sel tumor. Nyatanya, tumor dan kanker merupakan dua kondisi yang berbeda. Perbedaan tumor dan kanker ini terletak dari keganasannya.

Kanker adalah penyakit yang perlu diwaspadai mengingat kondisi ini dapat berujung pada berbagai macam komplikasi hingga kematian. 

Menurut World Health Organization, kanker adalah penyebab kematian kedua terbanyak di dunia pada tahun 2020 dengan total 10 juta kasus kematian. 

Kendati demikian, kanker masih bisa disembuhkan apabila terdeteksi sejak dini serta mendapatkan penanganan medis yang tepat. 

Penyebab Kanker
Penyebab utama kanker adalah mutasi genetik pada sel di dalam tubuh. Namun, masih belum diketahui secara pasti apa pemicu mutasi genetik tersebut. Meskipun begitu, terdapat sejumlah faktor yang dapat meningkatkan risiko seseorang terserang kanker, yaitu faktor internal dan eksternal.

Berbagai macam Pengobatan Kanker melalui medis :
1. Operasi
2. Kemoterapi
3. Radioterapi
4. Terapi Bertarget
5. Perawatan Paliatif

Cara Mencegah Kanker
Kanker adalah gangguan kesehatan yang terjadi karena adanya pertumbuhan sel abnormal dan tidak terkendali di dalam tubuh. Pertumbuhan sel kanker tersebut biasanya terjadi pada satu organ tubuh tertentu yang kemudian bisa menyebar ke bagian tubuh lainnya.
Kanker bisa dialami oleh berbagai kalangan, mulai dari usia anak-anak hingga usia lanjut. Oleh karenanya, penting untuk mengenal serta mewaspadai kanker sejak dini. Mari simak ulasan mengenai kanker selengkapnya dalam artikel berikut ini.

Beberapa macam kanker seperti kanker payudara, kanker prostat, dan kanker usus besar merupakan jenis kanker yang sering dikaitkan dengan faktor keturunan. Seseorang dengan keluarga yang memiliki riwayat kanker tersebut memiliki risiko yang lebih tinggi untuk mengalami kanker dibandingkan dengan orang yang tidak memiliki riwayat keluarga dengan penyakit.

Gejala Kanker
Gejala kanker cukup bervariasi, tergantung dari jenis kanker serta bagian tubuh yang terdampak. Namun, beberapa gejala umum dari kanker adalah sebagai berikut:
 -Terdapat benjolan pada sekitar bagian tubuh yang terdampak.
-Berat badan naik atau turun secara drastis tanpa alasan jelas.
-Perubahan warna atau tekstur kulit.
-Mudah lelah.
-Kesulitan bernapas.
-Nyeri otot dan sendi.
Luka yang tidak kunjung sembuh.
-Keluarnya cairan tidak normal dari tubuh. (*)



 

Post A Comment: