Lamtim (Pikiran Lampung)-
Polres Lampung Timur Kabupaten Lampung Timur melaksanakan  fogging, untuk mencegah penyebaran demam berdarah dengue (DBD) yang saat ini semakin tinggi wabahnya.

Fogging pagi ini digelar  di masyarakat desa Mataram Marga kecamatan Sukadana,  sejumlah anggota Polres Lampung Timur membantu pelaksanaan fogging di desa ini. Polisi menyemprot setiap sudut permukiman penduduk untuk membasmi nyamuk aedes aegypti yang menyebarkan virus dengue kepada manusia melalui gigitan.

"Fogging difokuskan pada area pemukiman warga yang berpotensi menjadi tempat berkembangbiaknya nyamuk," terang Kapolres Lampung Timur AKBP M.Rizal Muchtar, Sabtu (27/4/24).

Kapolres menjelaskan fogging hanya salah satu upaya mencegah penularan DBD dengan cara membunuh nyamuk dewasa jenis aedes aegypti. Menurutnya, masyarakat juga harus rutin melakukan pemberantasan sarang nyamuk (PSN) melalui gerakan 3M.

"Sebaiknya masyarakat juga berperan aktif dalam menjaga kebersihan lingkungan dengan menerapkan pola 3M, yaitu menguras, menutup dan mengubur wadah yang tergenang air yang menjadi tempat nyamuk bertelur," jelasnya.

Kapolres menambahkan masyarakat dihimbau ekstra waspada saat cuaca tak menentukan yang justru menjadi momen kian pesatnya perkembangbiakan nyamuk aedes aegypti.

"Sehingga kami menghimbau masyarakat untuk menjaga kesehatan dan mencukupi kebutuhan gizi yang baik. Bila perlu juga mengonsumsi vitamin untuk meningkatkan daya tahan tubuh agar tidak mudah terserang penyakit," tandasnya.(supri)



Post A Comment: