Dispora Tanggamus seleksi 250 siswa/siswi perwakilan dari 20 kecamatan diseluruh Kabupaten Tanggamus, Rabu (7/3). foto agus Pikiranlampung.com
Tanggamus,-Dinas Pemuda dan Olahraga Kabupaten Tanggamus, mulai menyeleksi siswa/siswi calon Anggota Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) untuk Upacara 17 Agustus mendatang. 
Total peserta yang diseleksi di Kantor PKK Tanggamus sebanyak 250 siswa/siswi SMA dan SMK sederajat perwakilan dari 20  kecamatan yang ada di Kabupaten Tanggamus.
Kepala Dispora Tanggamus Rizal Pahlevi mengatakan, masing-masing kecamatan mengirimkan 20 siswa/siswi. Nantinya dari ratusan peserta yang diseleksi tersebut, diambil 30 peserta. Terdiri dari 15 siswa dan 15 siswi.

"Selain perwakilan dari kecamatan, ada juga beberapa perwakilan dari beberapa sekolah. Ada yang mengirim 10 peserta dan ada yang hanya 6 peserta," ujar Rizal, Rabu (7/3). 
Dari 30 peserta yang nantinya terpilih setelah diseleksi, dia melanjutkan, masih akan dipilih lagi dua pasang siswa/siswi terbaik. Mereka akan melaksanakan tugas mengibarkan Bendera Merah-Putih saat Upacara 17 Agustus," ungkap Rizal.

Kriteria yang paling menentukan lolos atau tidaknya peserta pada seleksi calon Anggota Paskibraka Tanggamus, masih kata Rizal, adalah kesehatan jasmani dan rohani serta tinggi badan. Kemudian kedisiplinan dan kemampuan baris-berbaris.

"Ikutilah (seleksi) secara serius dan jangan berkecil hati bagi yang tidak terpilih atau yang tereliminasi. Karena Tanggamus memang mencari yang terbaik di antara yang baik," tandas Rizal.
Asisten III Setda Tanggamus Firman Ranie yang turut hadir pada seleksi itu meminta agar para peserta mengikuti seleksi dengan serius dan semangat. Mantan Inspektur Daerah  Tanggamus itu juga sempat berdialog pada beberapa siswa/siswi, untuk menyakinkan mereka agar mempertahankan keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
"Adik-adikku semua, keutuhan dan kedaulatan NKRI adalah harga mati. Jadilah kalian contoh dan panutan terutama dalam keluarga dan lingkungan sekolah, agar bisa maju dan terpilih menjadi Anggota Paskibraka untuk melaksanakan pengibaran Bendera Merah-Putih pada HUT RI Agustus mendatang," ujar Firman Ranie.

Hadir pula dalam seleksi tersebut, delapan dokter dari Kotaagung Timur, Kotaagung Barat, Gunungalip, dan Bandarnegeri Semuong beserta sembilan tim medis, angota Polri dan Anggota TNI serta para Anggota Purna Paskibraka Tanggamus. (Agus). 

Post A Comment: