Tanggamus-Polres Tanggamus menggelar Upacara Apel pasukan Operasi Zebra tahun 2018 di Aula Paramana Satwika Mapolres Tanggamus, Rabu (30/11).

Operasi Zebra yang akan berlangsung selama 14 hari tersebut, dimulai sejak tanggal 30 Oktober hingga 12 November dan berlaku serentak di seluruh Indonesia.

Upacara Apel pasukan operasi Zebra tahun 2018 dengan mengusung tema "Stop Pelanggaran, Stop Kecelakaan, Keselamatan Untuk Kemanusiaan" itu juga dihadiri oleh Bupati Tanggamus Hj. Dewi Handajani, Dandim 0424 Tanggamus Letkol Arh Anang Hasto Utomo, Plt Sekdakab Hamid Hariansyah Lubis, Kasat Pol PP dan perwakilan Pemkab Pringsewu.

Dalam amanat Kakorlantas Polri yang dibacakan oleh Kapolres AKBP I Made Rasma mengatakan, dalam mengatasi permasalahan bidang lalu lintas, tidak bisa berdiam diri, melainkan wajib bertindak dan melakukan berbagai upaya.

"Dalam hal ini kita wajib menciptakan pemerintah yang bertanggung jawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcarlantas. Perlu dilakukan berbagai upaya untuk menciptakan situasi Kamseltibcar lantas dengan memberdayakan seluruh stakeholder, supaya dapat diambil langkah yang komprehensif dan menyelesaikan permasalahan lalu lintas dengan tuntas," ujarnya.

AKBP I Made Rasma mengaku, untuk menciptakan situasi Kamseltibcar diperlukan koordinasi bersama antar Polri, instansi pemerintah dan semua pihak terkait.

"Bertanggungjawab dalam membina dan memelihara Kamseltibcar Lantas, sehingga tercipta keterpaduan langkah yang dapat menunjang pelaksanaan tugas," ungkapnya.

Ditambahkan Kapolres, beberapa prioritas pelanggaran yang menjadi sasaran Operasi Zebra Krakatau tahun 2018 adalah pelanggaran berpotensi menyebabkan terjadinya kecelakaan lalu lintas.

"Pengemudi dilarang menggunakan Handphone, pengemudi melawan arus, pengemudi Sepeda Motor berboncengan lebih dari satu, pengemudi dibawah umur, pengemudi dan penumpang sepeda motor tidak menggunakan helm SNI, pengemudi kendaraan bermotor menggunakan narkoba atau mabuk dan pengemudi berkendara melebihi batas kecepatan yang ditentukan," tegas Kapolres. (Agus).

Post A Comment: