Bandarlampung (Pikiran Lampung
) -— Wakil Gubernur Lampung Chusnunia Chalim atau biasa disapa Mbak Nunik, melantik pengurus Yayasan Asma Indonesia (YAI) Cabang Utama Provinsi Lampung masa bhakti 2021-2026 di Hotel Emersia,  Minggu (13/3/2022).

Dalam arahannya, Wagub meminta kepada semua pengurus bersungguh-sungguh dan bertanggung jawab dalam menjalankan tugas dan fungsi kepengurusan sesuai dengan visi Yayasan.

“Kita ketahui bersama, upaya meningkatkan derajat kesehatan masyarakat menjadi tanggung jawab seluruh komponen, baik pihak pemerintah, swasta maupun masyarakat,” ujar Wagub Chusnunia.


Chusnunia menjelaskan bahwa Yayasan Asma Indonesia merupakan organisasi masyarakat yang berkaitan dengan kesehatan masyarakat terutama penyakit asma, yang termasuk kategori penyakit dalam. Yayasan ini harus memberikan manfaat kepada masyarakat melalui penyuluhan dan sosialisasi.

“Sosialisasi ini diharapkan mampu diserap oleh masyarakat umum dengan berbagai cara. Sehingga mampu mengurangi risiko masyarakat terkena penyakit asma, sekaligus dapat menghindari apa saja yang akan menyebabkan penyakit Asma terhadap anggota masyarakat,” ujarnya.

Pemerintah Provinsi Lampung, lanjut Chusnunia, juga akan mendukung beberapa program penyuluhan dan sosialisasi kepada masyarakat terkait kesehatan dalam gerakan masyarakat sehat.


“Jika Yayasan Asma Indonesia juga mempunyai kegiatan berupa olahraga sebagai faktor pencegahan terhadap penyakit asma, seperti senam asma dan sebagainya, sebaiknya disosialisasikan dan dikoordinasikan dengan OPD terkait (Dinas Kesehatan) yang juga punya tupoksi yang berkaitan dengan Kesehatan,” kata Chusnunia.

Sebagai anggota KORMI (Komite Olahraga Rekreasi Masyarakat Indonesia) Yayasan Asma Indonesia juga harus mampu bersinergi, melalui jalur olahraganya dapat turut dalam menyehatkan masyarakat Lampung khususnya dan Indonesia pada umumnya.

“Melalui kesempatan yang baik ini, kepada seluruh pengurusan  yang baru dilantik saya berharap  dapat bekerja lebih baik lagi dengan membangun kemitraan dengan seluruh stakeholder yang berkaitan dengan program kegiatan Yayasan Asma Indonesia ini,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua YAI Pusat Poppy Puspitasari menyampaikan bahwa YAI sebagai organisasi massa juga berada dalam keluarga besar KORMI di bidang olahraganya. Senam ini akan  disosialisasikan untuk kesehatan masyarakat. (lis/p1)

Post A Comment: