Lamtim(Pikiran Lampung
)- Ratusan warga Desa Bandar Agung, Kecamatan Bandar Sribawono, Kabupaten Lampung Timur, menggelar kirab dengan mengarak tumpeng berisi hasil bumi, Sabtu (9/10)2022).

“Kirab ini merupakan perayaan tahunan untuk memperingati Maulid Nabi Muhammad SAW dan sebagai wujud syukur kepada Alloh SWT. Warga percaya dengan sedekah tumpeng ini akan mendapat kan berkah,” kata Ketua Panitia, Eko Budiono. 

Acara tersebut, menurut Eko menjadi kewajiban warga muslim didesanya setiap tahun nya. “Acara ini juga mendapat dukungan penuh dari kepala desa,” ungkap pria yang juga Ketua Karang Taruna Desa Bandar Agung.

Pantauan dilokasi, kirab star di tengah lapangan. Kemudian keliling ke permukiman warga dan finis kembali di tengah lapangan desa setempat. Kirab tumpeng yang sudah jadi agenda tahunan ini seolah jadi magnet bagi masyarakat.

Diiringi lantunan sholawat Nabi Muhammad SAW, warga berkendara sepeda motor dan mobil berisi tumpeng-tumpeng besar secara teratur menyusuri jalan desa. Mereka serempak berpakaian baju muslim sambil bersholawat diatas mobil.

Setelah berkeliling menempuh perjalanan sekitar satu kilometer, tumpeng yang di bawa diatas mobil kemudian dipamerkan ditengah lapangan. Di tempat itu pula, tumpeng dinilai untuk diberi hadiah oleh panitia.

Acara dilanjutkan dengan lantunan Sholawat Nabi Muhammad, SAW dipimpin oleh Ustad Dawam sembari menyebarkan uang ke arah peserta sholawat. Kirab di tutup dengan perebutan isi gunungan tumpeng oleh masyarakat.

Kades Bandar Agung, Kamidi menyambut baik pelaksanaan kirab. Ia berharap kirab Maulid Nabi SAW bisa terus lestari dan gunungan tumpeng juga terus dibudidayakan sebagai ciri khas dan kekayaan Desa Bandar Agung. 

Selain Kades, hadir juga Camat dan Kapolsek Bandar Sribawono. Babinsa Koramil Bandar Sribawono dan Informasi yang di dapat, peringatan Maulid Nabi Muhammad SAW juga di gelar di Masjid Nurul Iman Simpang Kayat desa setempat.(Supri/Yadi)

Post A Comment: