Pesisir Barat (Pikiran Lampung) -
Menjadi ladang oknum yang tidak bertanggung jawab, dana untuk Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pekon Rata Agung Kecamatan Lemong Kabupaten Pesisir Barat dipertanyakan oleh warga setempat dan juga diduga tidak ada aktifitas kegiatan sama sekali.

Salah satu warga yang enggan disebutkan identitasnya menjelaskan, Anggaran modal BUMDES Pekon Rata Agung itu awalnya berjalan untuk simpan pinjam Perempuan pada Th 2019 s/d Th 2021 Setelah selesai uang tersebut terhimpun dan di pegang oleh ketua BUMDES di  lalu  Di minta sama Peratin dan di Pakai sama Peratin.

“Yang kami bingung pak, Bumdes di Pekon kami mangkrak alias vakum. Dan ini cukup berdampak terhadap perekonomian masyarakat desa kami, terkhusus petani. Karena selama ini kami mendapatkan dana pinjaman dari Bumdes,” pungkasnya.

Meski ada penyertaan modal untuk perusahaan pelat merah tingkat Pekon ini ternyata tidak ada aktifitas apapun. Bahkan, keberadaanya terkesan mati suri. Sehingga, wajar jika dana yang digelontorkan Pekon dipertanyakan masyarakat sekitar.

Apabila memang tidak ada kegiatan, atau aktifitas BUMDes, sementara ada penyertaan modal, kemana anggaran itu,” kata warga setempat yang tidak mau disebutkan namanya, Selasa  (16/01/2024).

Sampai  sekarang Apabila tidak ada wujud dalam bentuk apapun sementara duitnya dikucurkan, maka wajar jika dicurigai adanya dugaan bancakan.

“Ini dugaan lho, gini saja!, Kita ini punya uang untuk belanja, tapi ternyata tidak dibelanjakan. Kemana duitnya?, Banyak persepsi akhirnya, maka bisa curiga bagi-bagi atau lainnya,” ujarnya.

Pada gilirannya, menurut dia, penyertaan modal yang diharapkan mampu menghidupi perusahaan menjadi mubazir dan terkesan buang anggaran. Maka, diperlukan investigasi atau audit terhadap dana tersebut.

Sebelum dikucurkan, perencaan core bisnisnya juga sudah siapkan. Nyatanya kami tidak melihat ada progress,” tuturnya.

Untuk itu, pihaknya meminta pihak terkait, kecamatan, Inspektorat untuk melakukan penelusuran dana BUMDes ini.

“Kami harap ini menjadi atensi semua elemen terkait, untuk mengungkap misteri BUMDes di Pekon Rata Agung ini,” tukasnya.(*)

Post A Comment: