Lampung (Pikiran Lampung) -
Mengikuti perkembangan Zaman tidaklah mudah berbagai gejala penyakit menyerang manusia mulai dari generasi milenial hingga generasi Z, salah satunya penyakit yang menyerang yaitu ginjal. 

Penyakit ginjal adalah istilah yang menggambarkan setiap gangguan pada ginjal. Penyakit ginjal dapat menyebabkan fungsi ginjal dalam membersihkan dan menyaring limbah atau racun dari darah menjadi terganggu.

Ginjal adalah sepasang organ yang berbentuk seperti kacang. Organ ini berada di area punggung bagian bawah. Saat fungsi ginjal terganggu, dapat terjadi beragam komplikasi, seperti anemia, gangguan elektrolit, hingga penumpukan racun.

Jenis-Jenis Penyakit Ginjal

Sebelum mengenal beragam faktor penyebab penyakit ginjal, ada beberapa jenis penyakit ginjal yang umum terjadi, yaitu:

- Penyakit ginjal kronis atau gagal ginjal kronis adalah kondisi ketika fungsi ginjal menurun secara bertahap selama lebih dari 3 bulan. Gagal ginjal kronis dapat disebabkan oleh hipertensi, diabetes tipe 1 dan 2, penyakit autoimin, atau penyakit infeksi pada ginjal.

- Gagal ginjal akut, pada jenis penyakit ginjal ini, penurunan fungsi ginjal terjadi secara tiba-tiba. Gagal ginjal akut sering disebabkan oleh kekurangan cairan dan darah, cedera pada ginjal, atau sumbatan yang menyebabkan kembalinya cairan ke ginjal.

Batu ginjal

Penyakit batu ginjal disebabkan oleh penumpukan zat dan mineral yang kemudian membentuk batu di ginjal. Kondisi ini sering dipicu oleh penyakit asam urat atau infeksi saluran kemih.


Infeksi ginjal

Infeksi ginjal bisa disebabkan oleh bakteri, virus, atau jamur. Penyakit ginjal ini juga dapat terjadi akibat infeksi di saluran kemih yang menyebar ke ginjal.


Penyebab Penyakit Ginjal

Penyebab penyakit ginjal bisa beragam, tergantung pada jenisnya. Namun, risiko seseorang terkena penyakit ginjal akan makin besar bila memiliki faktor berikut:

Menderita diabetes, hipertensi, penyakit jantung, atau penyakit hati, memiliki keluarga dengan riwayat penyakit ginjal, mengalami infeksi saluran kemih atau infeksi ginjal yang berulang, menderita obesitas, memiliki pola makan yang tinggi garam atau gula, memiliki kebiasaan jarang minum air putih sehingga meningkatkan risiko kekurangan cairan, berusia lanjut, memiliki daya tahan tubuh yang lemah atau menderita penyakit autoimun memiliki kelainan bentuk ginjal, Gejala Penyakit Ginjal

Ketika ginjal mengalami gangguan, maka fungsi-fungsi di atas juga akan terganggu. Tanda dan gejala yang umumnya muncul akibat gangguan pada ginjal antara lain:

Jumlah urine yang keluar saat buang air kecil berkurang

Perubahan warna pada urine, termasuk urine keruh atau bercampur darah


Nyeri di punggung bagian bawah yang menjalar ke perut bawah atau selangkangan, Nyeri saat buang air kecil, Kram atau kedutan di otot, Mual, muntah, dan hilang nafsu makan, Mudah lelah, Sesak napas, Kulit terasa gatal tanpa sebab, Tekanan darah meningkat, Anemia

Gejala-gejala penyakit ginjal di atas bisa muncul secara tiba-tiba atau secara bertahap, sesuai dengan jenis penyakit ginjal yang diderita. (*) 

Post A Comment: