Bandarlampung (Pikiran Lampung) -Kakanwil Kemanag Provinsi Lampung Puji Raharjo memaparkan dari 4 Program Prioritas Rencana Pembangunan Jangka Menengah Nasional ada Tugas untuk Kementerian Agamal.

Kantor Wilayah Kementerian Agama, Provi Lampung Puji Raharjo, memberikan materi tentang Konsep Moderasi Beragama Kementerian Agama pada Kegiatan Bimbingan Teknis Moderasi Beragama bagi Penghulu dan Kepala KUA se Provinsi Lampung di Hotel Alvia, Selasa (23/5/2033). 

Kegiatan dilaksanakan selama 3 hari dari Selasa s.d Kamis 22-24 Mei 2023, diikuti 60 peserta dari unsur Penghulu dan Kepala Urusan Agama (Ka.KUA) se Provinsi Lampung, yang terbagi menjadi 2 angkatan.

Kakanwil mengajak Para peserta Bimtek untuk memperkuat Moderasi Beragama yang didasarkan pada paradigma bahwa Indonesia bukan negara sekuler yang memisahkan agama dari negara, bukan pula negara yang diatur berdasarkan agama tertentu.

"Indonesia adalah negara yang kehidupan warga dan bangsanya tidak bisa dipisahkan dari nilai-nilai agama. karenanya negara memfasilitasi kebutuhan kehidupan keagamaan warganya sesuai amanah konstitusi," jelasnya.

“Rencana pembangunan jangka menengah Nasional tahun 2020 – 2024 bagi pembagunan prioritas nasional yaitu Revolusi Mental dan Pembangunan Nasional, kita semua yang ada di ruangan ini adalah bagian dari Pemerintah oleh karena itu kita harus ikut andil mensukseskannya”, tambah Kakanwil.

Lebih lanjut Kakanwil menyampaikan bila dalam RPJMN ada 4 program prioritas, diantaranya pertama, revolusi mental dan pembinaan idiologi pancasila ini semua tugas BPIP ( Badan Pembinaan Idiologi Pancasila, kedua Meningkatkan kemajuan dan kelestarian kebudayaan yang menjadi tugas Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan, dan ketiga Memperkuat Moderasi Beragama inilah yang menjadi tugas kita semua sebagai ASN Kementerian Agama dalam key performence penguatan cara pandang, sikap dan praktik beragama dalam prespektip jalan tengah, yang kemudian didefinisikan kedalam moderasi beragama, selain itu tugas Kementerian Agama yaitu sebagai penguatan harmoni dan kerukunan antar umat beragama

dan Keempat meningkatkan literasi”, terangnya.

Hadir sebagai Narasumber Kasubdit Bina KUA dan Keluarga Sakinah Kementerian Agama RI, yang menyampaikan materi Kebijakan Direktur Bina KUA dan KS tentang peningkatan kapasitas penghulu, Kakanwil Kemenag Provinsi Lampung, Puji Raharjo, menyampaikan materi tentang Konsep Moderasi Beragama Kementerian Agama, Yulizar Andri Kabid Urais kanwil Kemenag Lampung, Penguatan fungsi KUA dan jabatan Fungsional Penghulu, dan materi tentang menalar keberagaman: Sketsa kehidupan beragama di Indonesia disampaikan dari Forum Kerukunan Umat beragama (FKUB) Provinsi lampung, sedangkan dihari terakhir akan diisi Waldy Mahbuba menyampaikan tentang, Focus Group Discusion. (red)

Post A Comment: