Bandarlampung-Rektor Universitas Muhammadiyah (UM) Lampung, Dr Dalman MPd melepas empat mahasiswa psikologi terpilih untuk menjadi relawan ke Sulawesi Tengah, Palu-Donggala, selama  dua bulan kedepan, di Ruang rapat lantai 3, Sabtu (20/10).

Pemilihan tim relawan ini sudah dilakukan melalui tahap seleksi sebelumnya, dan telah melakukan pelatihan selama 2 pekan terakhir, sehingga telah memiliki pembekalan ilmu yang siap disalurkan kepada warga masyarakat di Palu-Donggala, yang terdampak bencana.

Tim yang diberangkatkan nantinya akan memberikan Psikoterapi terutama anak-anak, Perempuan dan lansia, yang masuk kedalam kelompok rentan.

Dalman juga berpesan, selama menjalankan tugas, para relawan juga harus selalu menjaga kesehatan, serta tetap mengutamakan ibadah. Menjaga nama baik almamater, dan kompak dalam melaksanakan amanah.

"Kita harus mampu memberikan contoh yang baik kepada mereka, sesibuk apapun jangan lupa beribadah, karena jiwa kita akan lebih nyaman dan tenteram, dan dalam bertugas di lokasi akan semakin bermakna," kata Dalman.

Dilanjutkannya selain menjadi pembelajaran, sebagai relawan juga harus mampu beradaptasi dengan budaya setempat, tidak menyombongkan diri, serta mampu menguatkan masyarakat terdampak bencana dalam menghadapi musibah.


Wakil Rektor I, DR Ani Nurhayati, MPsi. Psikolog, senada menambahkan seluruh relawan harus memiliki fisik yang kuat, paham kondisi setempat, serta mampu beradaptasi dalam segala keadaan yang tak terduga

"Kalian harus mampu melakukan pendekatan secara bertahap, mampu melihat situasi bukan sebaliknya membuat orang lain menjadi ketergantungan, melainkan menjadi mampu mengatasi situasi tidak terikat berlebihan apalagi sampai menjerumuskan, sehingga nantinya mereka dapat melaksanakan dan melanjutkan masa depan dengan lebih baik," ujarnya.

Dilanjutkannya, kondisi di lokasi bencana yang tidak terduga, relawan harus bisa menempatkan diri dimana saja, membantu semua lini setiap ada kesempatan, meski lebih banyak melakukan terapi psiko sosial.

Rendi Saputra, mahasiswa semester lima, Allaudin Faris Afif dan Alifia Anggeraini semester 3, serta Mutia Larasati merupakan 4 mahasiswa yang diberhasil menjadi mahasiswa terpilih yang memenuhi persyaratan untuk menjadi relawan Palu-Donggala, mereka juga mengaku mendapat support penuh dari keluarga dan pihak kampus. Sehingga diharapkan saat penerapan dilapangan mereka sudah memiliki kemampuan. (Tm)

Post A Comment: