Lamtim (Pikiran Lampung
) -Tahun ini tradisi makan bersama usai penyembelihan hewan Qurban di Mushola Al Amin ditiadakan oleh ketua panitia hewan Qurban berdasarkan hasil kesepakatan dan musyawarah,  Kamis (29/06/2023).

Hari raya Qurban atau Idhul Adha tahun ini, Mushola Al Amin yang berada di dusun 2 Desa Bojong Kecamatan Sekampung Udik Lampung Timur, menyembelih satu ekor Sapi dan Dua ekor Kambing.

Daging Qurban Sapi dan Kambing yang sudah dikemas dalam plastik nantinya akan dibagikan kepada ratusan kaum duafa dan fakir miskin di lingkungan setempat.

Masyarakat di sekitar lingkungan Musola Alamin terlihat ikut serta dalam pemotongan hewan Qurban Sapi dan Kambing yang mau disembelih, hal itu terlihat di kegiatan pemotongan hewan Qorban yang saling bantu membantu sama yang lainnya. 

Ketua panitia hewan Qorban di Musola  Alamin Desa Bojong Kecamatan Sekampung Udik Hamdani kepada Media (Pikiran Lampung) dalam wawancaranya mengatakan hari ini kita bersama masyarakat mengadakan pemotongan hewan Qurban dan pembagian daging hewan Qurban kepada masyarakat.

Hari ini kita memotong 3 ekor hewan Qurban. Satu Sapi berkelompok sejumlah 7 orang 1ekor Sapi dan Kambing ada 2 ekor. yang pertama ibu Seriyah,  Sulaiman,    Hawa, Septiyani, Sul Efendi, Meli, dan almarhum Samsul Arifin yang berkurban ditahun ini, “Kata Hamdani kepada Wartawan dalam paparanya.

Alhamdulillah tahun ini ada peningkatan masyarakat yang berkurban. “Ada peningkatan dari tahun yang lalu. Artinya tingkat kesadaran masyarakat untuk berkurban sudah tinggi antusiasnya.

Lanjut Suwandi, untuk total daging kurban yang akan kita bagikan kepada masyarakat berjumlah 200 kantong plastik daging, “Ucap Suwandi. 

Kami berpesan kepada masyarakat, adanya kegiatan pemotongan hewan kurban ini, kedepannya tingkat kesadaran masyarakat harus lebih tinggi untuk berkurban di hari raya kurban yang akan datang.

Hamdani menjelaskan, usai penyembelihan hewan kurban tahun ini kita tidak ada acara makan bersama, cuman konsumsi dari masing – masing masyarakat yang berkurban. Karena panitia tidak menyediakan seperti tahun – tahun dulu, “Terangnya.

“Dikarenakan tahun ini ada perubahan yang kita laksanakan, dan insyaallah tidak berdampak kepada masyarakat yang berkurban atau ikut serta dalam penyembelihan hewan kurban. 

Saat ditanya apakah tidak berdampak pada masyarakat yang berkurban dan yang ikut dalam penyembelihan hewan kurban. Ia menjawab kayaknya gak ada, karena kita mendekatkan aturan yang ada untuk semaksimal mungkin, “Paparnya.(Supriyadi)

Post A Comment: